Mohon tunggu...
Julianda BM
Julianda BM Mohon Tunggu... Administrasi - ASN pada Pemerintah Kota Subulussalam, Aceh

Penulis buku "Eksistensi Keuchik sebagai Hakim Perdamaian di Aceh". Sudah menulis ratusan artikel dan opini. Bekerja sebagai ASN Pemda. Masih tetap belajar dan belajar menulis.

Selanjutnya

Tutup

Nature Pilihan

Ayo Cintai Bumi, Jaga Kehidupan

3 Desember 2023   12:35 Diperbarui: 3 Desember 2023   12:56 79
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi. Sumber gambar: KalderaNews.com/Ist.

Bumi adalah rumah kita, tempat kita hidup, bernafas, dan berkembang. Bumi juga merupakan rumah bagi jutaan makhluk hidup lainnya, mulai dari tumbuhan, hewan, hingga mikroorganisme. 

Bumi memberikan kita berbagai sumber daya yang kita butuhkan untuk bertahan hidup, seperti air, udara, makanan, dan tempat tinggal.

Namun, sayangnya, kita sering kali tidak menyadari betapa pentingnya bumi bagi kita. Kita sering kali mengeksploitasi bumi tanpa memikirkan konsekuensinya. Kita membuang sampah sembarangan, menebang hutan, dan menggunakan sumber daya alam secara berlebihan.

Akibatnya, bumi mengalami kerusakan yang semakin parah. Tanah menjadi tandus, air menjadi tercemar, dan udara menjadi kotor. Keanekaragaman hayati juga semakin terancam.

Kerusakan bumi ini berdampak buruk bagi kehidupan kita. Dampak buruk tersebut dapat kita lihat dari berbagai bencana alam yang semakin sering terjadi, seperti banjir, kekeringan, longsor, dan gempa bumi. Bencana alam tersebut menyebabkan kerugian materi dan korban jiwa yang tidak sedikit.

Oleh karena itu, kita harus sadar akan pentingnya mencintai bumi dan menjaga kehidupan. Kita harus mulai mengubah perilaku kita yang merusak lingkungan. Kita harus mulai menjaga kebersihan lingkungan, mengurangi penggunaan sumber daya alam, dan melindungi keanekaragaman hayati.

Menjaga Kualitas Tanah

Tanah adalah elemen penting dalam ekosistem bumi. Tanah menyediakan air, nutrisi, dan udara bagi tanaman. Tanah juga berfungsi sebagai penahan air dan mencegah terjadinya erosi.

Namun, kualitas tanah saat ini semakin menurun. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor, seperti erosi, pencemaran, dan penggunaan pestisida dan pupuk kimia yang berlebihan.

Erosi adalah pengikisan tanah oleh air, angin, atau es. Erosi dapat menyebabkan tanah menjadi tandus dan tidak subur. Pencemaran tanah dapat disebabkan oleh berbagai hal, seperti limbah industri, limbah rumah tangga, dan pestisida. 

Pencemaran tanah dapat membahayakan kesehatan manusia dan makhluk hidup lainnya. Penggunaan pestisida dan pupuk kimia yang berlebihan dapat menyebabkan tanah menjadi tercemar dan tidak subur.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Mohon tunggu...

Lihat Konten Nature Selengkapnya
Lihat Nature Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun