Mohon tunggu...
Julianda BM
Julianda BM Mohon Tunggu... Administrasi - ASN pada Pemerintah Kota Subulussalam, Aceh

Penulis buku "Eksistensi Keuchik sebagai Hakim Perdamaian di Aceh". Sudah menulis ratusan artikel dan opini. Bekerja sebagai ASN Pemda. Masih tetap belajar dan belajar menulis.

Selanjutnya

Tutup

Nature Pilihan

Perubahan Iklim: Ancaman Serius Masa Depan Bumi

1 Desember 2023   15:08 Diperbarui: 1 Desember 2023   15:11 128
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi. Sumbar gambar: dlh.bulelengkab.go.id

Bumi adalah planet yang indah dan kaya sumber daya. Namun, planet kita ini juga rentan terhadap perubahan iklim. Perubahan iklim adalah perubahan pola cuaca yang terjadi secara jangka panjang. 

Perubahan ini dapat disebabkan oleh faktor alami, seperti aktivitas vulkanik, atau faktor manusia, seperti pembakaran bahan bakar fosil.

Pada abad ke-20, suhu rata-rata global telah meningkat sekitar 1 derajat Celcius. Kenaikan suhu ini disebabkan oleh meningkatnya konsentrasi gas rumah kaca di atmosfer. 

Gas rumah kaca, seperti karbon dioksida dan metana, berfungsi untuk menahan panas di atmosfer. Namun, ketika konsentrasi gas rumah kaca meningkat, maka semakin banyak panas yang tertahan di atmosfer, sehingga suhu bumi pun meningkat.

Peningkatan suhu bumi ini memiliki dampak yang sangat serius terhadap kehidupan di bumi. Dampak perubahan iklim antara lain:

  • Kenaikan permukaan laut

Kenaikan suhu bumi menyebabkan es di kutub mencair. Hal ini menyebabkan permukaan laut naik. Kenaikan permukaan laut dapat mengancam kehidupan masyarakat pesisir, karena dapat menyebabkan banjir dan erosi.

  • Perubahan pola cuaca

Perubahan iklim menyebabkan pola cuaca menjadi lebih ekstrem. Badai, banjir, kekeringan, dan kebakaran hutan menjadi lebih sering dan lebih parah. Perubahan pola cuaca ini dapat mengganggu kegiatan ekonomi dan sosial masyarakat.

  • Kehilangan keanekaragaman hayati

Perubahan iklim dapat menyebabkan kepunahan berbagai spesies tumbuhan dan hewan. Hal ini karena hewan dan tumbuhan tidak dapat menyesuaikan diri dengan perubahan lingkungan.

Perubahan iklim adalah ancaman serius yang mengancam masa depan bumi. Jika tidak ada tindakan yang dilakukan untuk mengatasi perubahan iklim, maka dampak perubahan iklim akan semakin parah.

Tindakan untuk Menghadapi Perubahan Iklim

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Mohon tunggu...

Lihat Konten Nature Selengkapnya
Lihat Nature Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun