Mohon tunggu...
Lorensius Oyen
Lorensius Oyen Mohon Tunggu... Guru - Guru

Guru di SD Negeri 82 Singkawang

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Inovasi Pembelajaran Era Digital Kelas Rendah Sekolah Dasar

6 Desember 2022   22:31 Diperbarui: 6 Desember 2022   22:35 459
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

       Saat ini teknologi digital sudah memasuki seluruh aspek kehidupan termasuk pendidikan. Perkembangan teknologi dan informasi yang semakin pesat di era globalisasi saat ini tidak bisa dihindari lagi pengaruhnya terhadap dunia pendidikan. Teknologi digital juga dapat bermanfaat terhadap perubahan perilaku manusia termasuk pendidikan dan peserta didik, didalam mencari, mengumpulkan, mendokumentasikan, mengolah dan mentransfer kembali bahan ajar sesuai dengan kebutuhan. Pada kenyataannya pun teknologi pembelajaran akan terus mengalami perkembangan seiring dengan perkembangan jaman. Bahkan dalam pelaksanaan pembelajaran sehari-hari kita sering menjumpai adanya pemanfaatan dari perkembangan teknologi dalam dunia pendidikan, seperti yang sering dilakukan oleh pendidik yaitu mengkombinasikan alat teknologi dalam peroses pembelajaran. Untuk itu, guru memiliki peran yang sangat strategis dalam proses pembelajaran di era digital.

         Pada era digital saat ini, sangat penting bagi guru untuk bisa melek teknologi karena dalam pembelajaran daring guru diwajibkan mampu menggunakan dan dapat memanfaatkan teknologi digital untuk mendesain pembelajaran yang kreatif dan inovatif. Guru yang lebih banyak berperan sebagai fasilitator harus mampu memanfaatkan teknologi digital yang ada untuk mendesain pembelajaran kreatif yang dapat membuat siswa aktif dan berpikir kritis. Guru harus mampu beradaptasi dengan teknologi dan menjadi kunci untuk menyiapkan anak-anak bangsa dalam menghadapi masa depan yang semakin kompetitif.

         Peran guru dalam belajar di era digital sangat beragam dari harus menyesuaikan cara mengajar dengan kebutuhan generasi muda dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi hingga harus bisa mendapat solusi disaat adanya tantangan dalam pembelajaran. Guru harus mampu mengontrol siswa dalam penggunaan teknologi untuk memilah mana yang segi positif dan mana yang segi negatif dalam penggunaan teknologi. Guru harus dapat belajar dan mengembangkan diri terus menerus, setiap guru pasti bisa melampaui tantangan yang ada di era digital dan dapat mendidik murid dengan baik sehingga siswa dapat menerapkan ilmu yang dipelajarinya pada kehidupan sehari-hari dan bermanfaat bagi masyarakat sekitar. di dalam proses pembelajaran dengan teknologi digital dapat lebih menarik dan inovatif serta memberikan motivasi belajar, karena mencampur bahan ajar tidak monoton pada teks, tetapi dapat dicampur lebih kreatif dan menarik karena digabungkan menggunakan gambar, audio, video dan animasi, sehingga dapat mempengaruhi perubahan perilaku belajar berkembang dengan lebih baik.

        Guru harus bisa menjadi jembatan bagi siswa dalam memasuki dunia era digital terutama bagi siswa sekolah dasar yang baru mengenal teknologi, walaupun sudah banyak sekarang anak-anak kecil yang sudah mengenal teknologi untuk itu guru harus menggerakkan siswa pada sumber belajar yang dapat diakses malalui internet, selain menjadi tenaga pengajar guru juga memantau siswa agar dapat mengembangkan kreativitas dan imajinasinya dalam belajar melalui gambar, audio, video dan animasi lalu guru juga memberikan penilaian dan catatan atas hasil belajar siswanya.

        Sebagai seorang guru kelas rendah strategi yang saya terapkan dikelas, saya berusaha membuat siswa saya menjadi tertarik dalam pelajaran yang akan saya sampaikan dengan menggunakan berbagai bahan melalui gambar, audio, video dan juga melalui benyanyi sehingga membuat siswa senang dalam belajar. Lalu saya mengulang pembelajaran kembali yang pernah saya ajarkan sebelumnya dengan bertanya jawab sehingga saya dapat mengetahui apakah siswa saya dapat benar-benar memahami pelajaran yang saya sampaikan. Sebagai seorang guru saya berusaha membuat suasana kelas tidak terasa kaku dan siswa merasa senang berhadapan dengan saya dengan membuat candaan disela-sela belajar. Namun dengan begitu saya juga harus menjelaskan tujuan pembelajaran secara umum tentang manfaat dan tujuan mempelajari materi yang akan saya ajarkan sehingga siswa dapat lebih mudah memahami manfaat dan tujuan pembelajaran yang saya jelaskan. Juga bertujuan supaya siswa dapat arahan ke mana pembelajaran dimaksudkan. Siswa juga akan lebih semangat belajar karena tau manfaat yang mereka dapatkan setelah belajar. Ini akan semakin mempermudah siswa mengingat pelajaran dan menghubungkan pelajaran dengan sistematis.

        Agar siswa dapat memahami dengan mudah saya berusaha menjelaskan secara jelas, singkat dan padat serta diulang-ulang agar siswa benar-benar memahami pelajaran. Juga dengan memberikan hadiah bagi siswa yang mampu menjawab pertanyaan yang saya berikan dan bagi siswa yang mampu berbuat baik untuk menambah motivasi belajarnya lebih meningkat di kemudian hari.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun