Mohon tunggu...
Amin Maulani
Amin Maulani Mohon Tunggu... Stor Manager -

newbie aminmaula.com

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Segera Temukan "Passion" Sebelum Anda Tua

31 Januari 2018   10:55 Diperbarui: 31 Januari 2018   19:16 741
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Suara burung gagak mengoak malam-malam, membaur degan deru motor yang melintas di jalanan. Arloji di pergelangan menunjukkan pukul 12.00 malam, waktu yang tepat kugunakan menulis sedikit saja aspirasi malam ini.

Malam semakin larut, aku terhanyut dalam lamunan nestapa, sedikit perenungan tentang apa yang sudah aku lakukan selama ini. Benarkah aku sudah menemukan jati diri?

Jika aku merenung sedikit saja, ternyata, aku tak ubahnya seekor Kera peliaraan yang tidak jinak, hendak kabur ke hutan tidak bisa, mau patuh dengan majikan susah bukan kepalang. Ada takut yang menghantui, lalu membiarkan semuanya terjadi, menjalani kehidupan setengah-setengah, yang penting bisa makan, biarkan semuanya begini.

Tak jauh berbeda dari nasib Kera di atas, passion sangat penting bagi keberlangsungan hidup, identitas orang mengenal kita, supaya sistem hidup lebih baik, dan perjalanan panjang dapat diarungi dengan langkah tegap yang pasti. Ku sruputkopi yang sudah dingin.

Teman-teman, khusunya anak muda sepertiku, pernahkah teman-teman berpikiran sama seperti ini? Jika pernah, sepakat. Kita sama. Sama-sama belajar menggali potensi kita, dan semoga perjuangan kita tidak sia-sia.

Selama ini aku stuck memikirkan hal ini, maklum, aku bodoh. Terlalu lugu dengan keniscayaan, mengamini nasib yag menghimpit, sedang kreatifitas lebih condong pada perkara perut. Bagaimana mau mengubah dunia?

Selama ini, aku paling senang bersahabat dengan teman-teman yang memiliki bakat luar biasa di bidangnya, entah itu menulis, bisnis, seni, bahkan meracik nasi basi menjadi kerupuk puli. Mereka tidak mudah terombang ambing dengan embel-embel recehan, fokus meniti karir, hingga menciptakan karya-karya luar biasa di bidangnya.

Bagimana dengan anda?

Jika sobat masih sepertiku, aku ada cerita pegalamanku membangun passion pada diri sendiri, yang kali ini hendak aku bagikan pada rekan-rekan semua, setidaknya, inilah hal yang aku upayakan untuk diriku sendiri: Memaksa menemukan passion lalu meniti karir dan berjalan pada jalurnya.

Mengejar passion itu sendiri

Bagiku, yang merasa tidak memiliki passion (padahal seharusnya harus punya), tak ada jalan lain selain segera menemukannya, mengejarnya, lalu memperkenalkannya pada orang lain. Inilah yang aku bisa. Inilah skillku.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun