Mohon tunggu...
MEDIA ID
MEDIA ID Mohon Tunggu... Editor - πŸ”₯Meyakinkan Bangsa!πŸ”₯

Selamat Datang di Profil Media ID - Meyakinkan Bangsa! #media.or.id #mediaID

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Bambang Triwibowo: Dendam adalah Azab

19 Desember 2021   19:35 Diperbarui: 19 Desember 2021   20:23 244
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bambang Triwibowo: "Dendam adalah Azab"

MEDIA ID - Hidup tidak terhindar dari yang namanya ujian. Setiap orang memiliki ujian mereka masing-masing sesuai dengan kemampuan mereka.Β 

Banyak orang yang salah mengartikan tentang ujian hidup merupakan permasalahan yang semestinya tidak perlu mereka jumpai padahal dengan ujian tersebut menunjukkan kasih sayang Allah swt. kepada hamba-Nya agar bisa menjadi pribadi yang lebih baik. Sebagaimana yang disampaikan oleh Rasulullah SAW. yang artinya:

Sesungguhnya besarnya pahala tergantung dengan besarnya ujian. Sesungguhnya, apabila Allh mencintai suatu kaum, maka Dia akan mengujinya. Siapa yang ridha dengan ujian itu, maka ia akan mendapat keridhaan-Nya. Siapa yang membencinya maka ia akan mendapatkan kemurkaan-Nya (HR. at-Tirmidzi no. 2396 dan Ibnu Mjah no. 4031)

Tak jarang orang-orang yang sedang diberikan ujian oleh Allah swt. tidak menerima atas ketentuan yang Allah berikan kepadanya sehingga munculah sifat-sifat MazmumahΒ (tercela) salah satunya berupa DENDAM.

Perlu ditekankan bahwa Ujian adalah salah satu bentuk kecintaan Allah SWT. terhadap suatu kaum yaitu bagi mereka yang ridhaΒ (menerima) atas ujian yang mereka jalani. Namun, apabila ada ditanamkan sifat DENDAM ketika menghadapinya maka HAL yang dialami tersebut bukanlah menjadi ujian melainkan menjadi AZAB.

Berikut 4 hal dampak buruk dari sifat DENDAM secara kesehatan:

1. Β Menimbulkan Resiko Penyakit Jantung & Stroke.

2. Memicu Gangguan Kecemasan & Sakit Kepala.

3. Susunan Hormon Otak Terganggu.

4. Mengakibatkan Penuaan Dini .

Itulah beberapa hal buruk dari menyimpan DENDAM di hati selain mendapatkan Murka-Nya juga berpengaruh buruk bagi kesehatan.

Lantas.. masihkah ingin menyimpan DENDAM?Β 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun