Mohon tunggu...
Livia
Livia Mohon Tunggu... Penulis Amatir

Mari berkarya dengan menulis lebih banyak hal bermanfaat untuk masa depan yang lebih baik.

Selanjutnya

Tutup

Film Pilihan

Rayakan Ultah Ke-6 KOMiK dengan Wisata Virtual

17 Agustus 2020   17:00 Diperbarui: 17 Agustus 2020   17:04 70 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Rayakan Ultah Ke-6 KOMiK dengan Wisata Virtual
Wisata Virtual KOMiK dok. keepcalmandcurlyon

Pada tanggal 8 Agustus 2020, saya berkesempatan untuk bergabung dalam salah satu kegiatan perayaan Ultah KOMiK yang ke-6 yaitu Wisata Virtual Tapak Tilas Film Nasional. Dengan platform Zoom, kami pun berkumpul lalu menyaksikan dan mendengarkan panduan Kak Ira dari Wisata Kreatif Jakarta. Ya, secara resmi acara ini dinamakan "Wisata Virtual Tapak Tilas Film Nasional bersama KOMiK".

Tempat-tempat bersejarah yang dikunjungi dok. keepcalmandcurlyon
Tempat-tempat bersejarah yang dikunjungi dok. keepcalmandcurlyon

Tempat pertama yang kami datangi secara virtual adalah Museum Sumpah Pemuda. Di tempat ini terdapat sejarah Wage Rudolf Supratman yang memperdengarkan lagu Indonesia Raya yang dimainkan dengan biola miliknya. Untuk mengingat perjuangan beliau, Kak Ira juga sempat menayangkan beberapa cuplikan dari film "Wage" yang disutradarai oleh John De Rantau. Wisata Virtual pun berlanjut dan kami terus menelusuri jalan bersama kak Ira dengan bantuan Google Maps seakan-akan seperti tapak tilas sesungguhnya. 

Tempat kedua yang didatangi adalah Gedung Pancasila yang dahulu dijadikan kantor BPUPKI. Gedung ini mengingatkan pada film "Pantja-Sila: Cita-cita dan Realita" dimana Soekarno membacakan pidato berisi gagasan Pancasila tanpa teks selama 1 jam. Tempat ketiga yang kami kunjungi adalah Museum Perumusan Naskah Proklamasi

Tentu, tempat ini mengingatkan kami pada adegan di film "Soekarno: Indonesia Merdeka" Tidak hanya ketiga tempat tersebut, namun tempat terakhir yang kami datangi adalah Tugu Proklamasi. Tempat ini sangatlah bersejarah karena disinilah terjadi pembacaan teks proklamasi kemerdekaan yang juga terdapat pada film "Soekarno". Sebelum perjalanan berakhir, kami para peserta juga diminta untuk berfoto bersama di Tugu Proklamasi secara virtual.

Wisata Virtual ini ditutup dengan beberapa kuis dan pertanyaan. Sangat bersyukur karena saya juga menjadi salah satu pemenangnya yang berhasil mendapatkan buku dari Kinokuniya Indonesia. Hehe. Sekali lagi, saya ingin mengucapkan terima kasih dan selamat ulang tahun ke-6 untuk KOMiK. Semoga semakin sukses dan besar harapan supaya dapat mengadakan nobar kembali ketika keadaan sudah membaik ya :D

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x