Mohon tunggu...
Lius tedju
Lius tedju Mohon Tunggu... Fb : Lius Tedju Ig : @liustedju Twitter :@liustedju Email : tedjujulius@gmail.com

#YNWA

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan Pilihan

Covid-19 : "Cara Jitu Turkmenistan Menjaga Negaranya Tetap 0 Kasus"

1 April 2020   09:07 Diperbarui: 1 April 2020   11:40 7287 24 11 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Covid-19 : "Cara Jitu Turkmenistan Menjaga Negaranya Tetap 0 Kasus"
@MTVlebanonnews

Pertanggal 01 April 2020, covid-19 sudah menyebar hingga ke 202 negara di seluruh dunia dengan total 856.700 kasus. Tetapi tahukah anda, Turkmenistan merupakan satu dari 13 negara lainnya yang belum/tidak memiliki kasus covid-19 alias 0 kasus? 

Jika kemarin saya sudah menulis mengenai cara nyeleneh ala Presiden Belarus yang tidak menerapkan social distancing, warga juga diizinkan untuk beraktivitas dengan normal, berkebun, berkumpul di keramaian serta menonton pertandingan sepakbola. 

Kebijakan ini sangat kontras yang mana  hampir semua negara pada was-was dengan Covid-19, Belarus malah menerapkan kebijakan yang aneh bin ajaib. Tentu aneh bukan. Lanjutnya bisa dibaca disini "Berkenalan Dengan Belarus Negara Yang Kebal Covid-19"

Ada lagi negara Kuba, negara kepulauan di Amerika Tengah yang bertindak bak Avengers di dunia nyata. Kabarnya tim medis dari negara komunis ini sudah terjun langsung untuk membantu 32 negara yang terdampak covid-19.

Mengirimkan bantuan berupa tenaga medis ternyata sudah menjadi senjata utama Kuba untuk menjaga hubungan diplomatik mereka. Penasaran dengan kisahnya? Saya sudah pernah buat artikelnya dan anda bisa membacanya disini "Mengenal Kuba, Negara Komunis Yang Humanis"

Oke sudah dulu intermezzonya,  mari kita bahas Turkmenistan ya tentang bagaimana cara mereka survive dari covid-19. Hingga saat ini belum ada kasus positif disana padahal Negara-negara yang berbatasan dengan Turkmenistan - termasuk Kazakhstan, Uzbekistan, dan Afghanistan - telah terpapar virus ini. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada peta dibawah ini. 

Peta Negara Turkmenistan via google maps. bvbylons
Peta Negara Turkmenistan via google maps. bvbylons

Di selatan Turkmenistan, Iran  telah melaporkan lebih dari 44.700 infeksi pada 31 Maret, termasuk hampir 3.000 kematian. Kasus ini merupakan salah satu yang tertinggi di dunia.

Bekas jajahan Russia ini  telah melarang media menggunakan kata "covid-19" kata pengawas kebebasan media internasional.

Reporters Without Borders mengatakan pada Selasa kemarin, kata itu juga telah dihapus dari brosur informasi kesehatan yang didistribusikan di sekolah, rumah sakit, dan tempat kerja.

Negara Asia Tengah yang kaya akan gas itu sejauh ini tidak melaporkan adanya virus corona di negaranya. Wah hebat ya....

Lantas apa saja kebijakan ekstrim namun terbukti sukses meredam virus corona?

1. Tidak Boleh Menggunakan Istilah covid-19

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN