Mohon tunggu...
Litta Umasugi
Litta Umasugi Mohon Tunggu... Guru - Peserta Calon Guru Penggerak Angkatan 2 Kota Tidore Kepulauan Provinsi Maluku Utara

Profesi : Guru Mata Pelajaran Bahasa Inggris Agama : Islam Pendidikan : S1 Pendidikan Bahasa Inggris

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Aksi Nyata Modul 1.4 Penerapan Budaya Positif

30 Juli 2021   04:24 Diperbarui: 30 Juli 2021   04:37 132 0 0 Mohon Tunggu...

LATAR BELAKANG

Ki Hajar Dewantara mengisaratkan bahwa "Adapun maksud pendidikan yaitu: menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak itu agar mereka sebagai manusia dan sebagai anggota masyarakat dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan setinggi-tingginya"

Untuk dapat mewujudkanya penting  bagi seorang guru untuk berperan peran penting dalam menuntun, membimbing, memperbaiki, serta memberikan keteladanan kepada murid mengenai perilaku yang baik dan dilakukan secara terus menerus agar membentuk karakter.

Budaya sekolah merupakan nilai-nilai dan keyakinan-keyakinan yang dibangun dalam jangka waktu lama yang tercermin pada sikap keseharian seluruh komponen sekolah. Budaya positif yang diterapkan di sekolah diantaranya melalui pendidikan moral/karakter dan agama, keteladanan, disiplin positif dan kesepakatan kelas. 

Salah satu penerapan budaya positif yang sangat efektif dalam keseharian murid dikelas adalah bersama-sama dengan murid berkolaborasi mendiskusikan kelas impian dan dari kolaborasi tersebut melahirkan sebuah kesepakatan kelas. Anak-anak memiliki ownership (rasa memiliki) terhadap aturan yang dibuat sendiri, jika mereka melanggar kesepakatan tersebut mereka tidak melanggar aturan yang dibuat orang lain tetapi melanggar pada komitmen diri sendiri, dan hal ini menjadi kekuatan tersendiri dalam diri anak untuk patuh dan taat pada kesepakatan yang telah di buat.

DESKRIPSI AKSI NYATA

Langkah awal yang saya ambil adalah memberikan sosialisasi pentingnya membuat kesepakatan baru di awal Tahun Ajaran kepada kepala sekolah dan rekan-rekan guru pada kegiatan MGMP sekolah. Kepala sekolah dan rekan-rekan guru sangat antusias dan setuju untuk melakukan kesepakatan kelas di awal Tahun Ajaran 2021-2022.

dokpri
dokpri
dokpri
dokpri
dokpri
dokpri
Selanjutnya melakukan kesepakatan dengan murid, Kesepakatan kelas ini dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:
  • Guru menyampaikan maksud dan tujuan membuat kesepakatan kelas.
  • Guru memutar Video penjelasan tentang panduan menyusun kesepakatan kelas dengan link video https://youtu.be/8OocX6VPyA4

dokpri
dokpri
dokpri
dokpri
  • Guru menanyakan kepada murid tentang kelas impian mereka.
  • Murid merespon dengan memberikan pendapat mereka tentang kelas yang merekan impikan.

dokpri
dokpri
dokpri
dokpri
  • Guru dan murid berdiskusi, murid menyampaikan ide tentang poin-poin kesepakatan kelas dan menyepakati usulan yang kemudian diterima menjadi kesempatan kelas.

  • Guru membuka Tab https://www.canva.com/ dan kemudian meminta murid menuliskan kesepakatan-kesepakatan tersebut di slide canva infografis. Guru memberikan kesempatan kepada murid untuk memilih desain element backround, style, font, shape serta color yang mereka inginkan dan menyepakati bersama mana yang menjadi pilihan mereka

  

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN