Mohon tunggu...
Listhia H. Rahman
Listhia H. Rahman Mohon Tunggu... Ahli Gizi - Ahli Gizi

Lecturer at Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Holistik ❤ Master of Public Health (Nutrition), Faculty of Medicine Public Health and Nursing (FKKMK), Universitas Gadjah Mada ❤ Bachelor of Nutrition Science, Faculty of Medicine, Universitas Diponegoro ❤Kalau tidak membaca, bisa menulis apa ❤ listhiahr@gmail.com❤

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Rapor Tulisan Sepanjang Tahun 2020, Nggak Nyangka!

4 Januari 2021   21:40 Diperbarui: 4 Januari 2021   22:06 236
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi | unsplash.com

Bagaimana perjalanan kepenulisanmu selama setahun belakangan?

Setahun yang lalu, pada tanggal 3 Januari, saya pernah menuliskan tulisan dengan judul begini: rekomendasi resolusi 2020: menulis, menulis, dan menulis

Ya, waktu itu saya mengajak diri saya khususnya dan teman-teman pada umumnya untuk sama-sama menulis. Intinya, menjadikan menulis sebagai hal yang harus dilakukan di sepanjang tahun 2020.

Kini sudah setahun sejak tulisan itu tayang, saya mulai memeriksa hasilnya sendiri. Mencoba menilai, "Apakah selama tahun 2020, pencapaian saya dalam hal tulis-menulis sudah cukup memuaskan?"

Ah iya, ada satu yang luput dari saya saat menuliskan resolusi menulis tahun 2020. Saya tidak menulis hal yang bisa diukur. Misalnya berapa sih target saya menulis di tahun ini? Saya lupa atau sengaja lupa agar tidak merasa terikat. Ahay~

Padahal untuk mengukur sesuatu tercapai atau tidak, seharusnya ada pembanding,ya. 

Meski tidak ada target secara kuantitas yang paling mudah dinilai, bukan berarti saya melupakan tulisan yang sudah berlalu. Jadi beginilah rapor tulisan-tulisan saya di kompasiana selama tahun 2020.

Hasil Rapor 2020 Versi Ngecek Sendiri

Sebenarnya kompasiana sudah memberikan penilaian kepada para kompasianer -termasuk saya tentunya- selama tahun 2020. Hanya saja, laporan yang saya dapat hanya sekadar peringkat, yang rupanya tidak berubah dibandingkan dengan tahun 2019. Terlalu stabil. HAHA. 

Melalui tulisan ini, saya jadi ingin memberi saran yang lain. Kalau bisa besok jangan hanya ranking saja, pun lebih detail sepertinya akan lebih menarik. Ditambah dengan jumlah artikel tiap bulan, jumlah penayangan, atau hal terukur yang lain. Seperti laporan dari toko oranye, yang cukup detail karena terlapor tiap bulannya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun