Mohon tunggu...
Lisa Ismiyati
Lisa Ismiyati Mohon Tunggu... Mahasiswa - UPI

KKN TEMATIK UPI 2021 GELOMBANG 2

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

KKN UPI 2021 Gelombang 2: Menumbuhkan Minat Literasi pada Siswa SMP Negeri 26 Bandung

21 September 2021   21:28 Diperbarui: 23 September 2021   13:17 110 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
KKN UPI 2021 Gelombang 2: Menumbuhkan Minat Literasi pada Siswa SMP Negeri 26 Bandung
Dokumen pribadi

Universitas Pendidikan Indonesia merupakan salah satu kampus yang berperan dalam mengembangkan literasi anak bangsa dalam program Kuliah Kerja Nyata (KKN) gelombang 2. Mahasiswa KKN UPI dituntut untuk dapat mengembangkan dan menumbuhkan literasi baca dan tulis, numerasi, sains, digital, finansial, budaya dan kewargaan.

Literasi adalah kemampuan setiap individu dalam membaca, menulis, berbicara, menghitung dan memecahkan masalah, tetapi Minat literasi siswa saat ini masih rendah, sehingga saya Lisa Ismiyati selaku mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia ingin menumbuhkan minat literasi baca tulis, numerasi dan sains pada siswa SMP Negeri 26 Bandung dengan kegiatan mengshare poster yang menarik dan kekinian melalui WhatApp Grup.

Program KKN pada gelombang 2 ini menekankan pada literasi, sehingga lebih diutamakan untuk siswa, orang tua, guru dan masyarakat. Menumbuhkan minat literasi pada siswa dengan memberikan Poster yang sangat menarik.

Menumbuhkan minat literasi pada siswa dapat melalui pendampingan kepada orangtua, menurut Rahmawan (2013) dengan memberi cara untuk menumbuhkan minat literasi yaitu : 

1) Mengalokasikan waktu khusus untuk membaca, 2) Membelikan buku yang menumbuhkan minat baca dan menghitung serta merangkum dan ditulis kembali, 3) Memanfaatkan waktu luang untuk membaca dan menulis, 4) Belajar membaca efektif dengan membiasakannya sejak dini, dan 5) Membuat target membaca dan menghitung, daftar buku yang akan diselesaikan untuk dibaca dalam waktu yang ditentukan.

Seorang guru menumbuhkan minat literasi siswa dengan memberikan bahan bacaan yang menarik tidak hanya mata pelajaran yang harus dibaca tetapi bisa memberikan bahan bacaan lain seperti cerita pendek, dongeng ataupun legenda agar menumbuhkan minat literasi sehingga tidak terpaku pada mata pelajaran yang ada, serta memberikan video pembelajaran tentang menghitung dan pengetahuan alam yang kreatif. 

Guru pun dapat menumbuhkan minat literasi siswa dengan memberikan media pembelajaran seperti PPT, poster dan infografis yang menarik, inovatif dan tidak membosankan.

Dengan demikian menumbuhkan minat literasi kepada siswa SMP memerlukan kontribusi dari guru dan orangtua dengan menggunakan cara yang efektif yang sudah dijelaskan diatas.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan