Mohon tunggu...
Guru PAUD Hebat
Guru PAUD Hebat Mohon Tunggu... Guru - Kindergarten Teacher

Hanya membawa segudang mimpi.. sejengkal harapan.. dan segenggam ideologi kebebasan.. Mencoba menggapai signal di atas bukit menoreh

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Meningkatkan Kemampuan Anak Dalam Mengenal Angka 1-10 Dengan Media Papan Flanel

10 Februari 2024   11:44 Diperbarui: 10 Februari 2024   11:51 55
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokumentasi TK Dharma Waita Sumberagung 01 Selorejo 

Media papan flanel digunakan untuk mengenalkan angka 1-10 pada anak,khususnya anak dikelas A.

Untuk meningkatkan kemapuan anak dalam mengenal angka 1-10, Dimana mengenal numerasi, mengembangkan pemahaman anak terhadap bilangan dan operasinya, melalui proses eksplorasi, melalui benda-benda konkrit dan memberikan pondasi yang kokoh bagi anak dalam mengembangkan kemampuan matematika pada tahap selanjutnya. Kegiatan pembelajaran matematika pada anak diorganisir secara terpadu melalui tema-tema pembelajaran yang paling dekat dengan konteks kehidupan dan pengalamanpengalaman riil. Guru dapat menggunakan media pembelajaran yang menarik yang memungkinkan anak untuk belajar secara individual, kelompok dan juga klasikal.

 Latar belakang masalah dari praktik pembelajaran ini adalah :

  • Pengunaan setrategi pembelajaran yang menyebabkan kejenuhan dalam belajar
  • masih terdapat satu siswa yang belum mengerjakan tugas sesuai arahan dan satu siswa yang tidak melakukan satu kegiatan dalam proses pembelajaran
  • Jumlah alat main yang kurang tidak sesui dengan jumlah anak
  • Perlunya guru pendamping dalam proses pembelajaran

Media pembelajaran yang kurng menarik

Dokumentasi TK Dharma Waita Sumberagung 01 Selorejo
Dokumentasi TK Dharma Waita Sumberagung 01 Selorejo

Antusias anak dalam menyusun angka pada papan flanel,diTK Dharma Wanita Sumberagung 01 Selorejo Kabupatan Blitar Jawa Timur

Adapun proses dalam strategi yang digunakan dalam menghadapi tantangan-tantangan yang dihadapi adalah

  • Melakukan perencanaan dengan membuat dan mempersiapkan perangkat
  • Mengkodisikan anak didik dan memahami karakteristik anak
  • Berkoordinasi dengan , teman sejawat dan orang tua siswa tentang rencana pelaksanaan praktik
  • Melakukan praktik pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran PBL dengan pendekatan STEAM
  • Melakukan praktik pembelajaran dengan pendekatan TPACK melalui tayangan video tentang tema
  • Guru mernyediakan media konkrit untuk memperjelas dalam penjelasan tema

Dampak dari aksi dan langkah-langkah yang dilakukan hasilnya sangat efektif, karena :

  • Terciptanya suasana pembelajaran yang menyenangkan bagi anak
  • Anak antusias dan senang dalam kegiatan tersebut
  • Anak tidak cepat bosan dalam mengikuti kegiatn pembelajaran
  • Penilaian hasil ,adanya peningkatan kemampuan yang dicapai anak terbukti perkembangan anak rata-rata sudah mencapai tingkat mampu Respon orang terkait Patner / teman sejawat merasa senang karena mendapat pengalaman dan pengetahuan

Penulis,

Diyanita Retna Hestiningtyas, S. Pd. 

Guru TK Dharma Waita Sumberagung 01 Selorejo Kabupaten Blitar -- Jawa Timur

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun