Mohon tunggu...
Lintang Pualam
Lintang Pualam Mohon Tunggu... Puitis bukan hanya milik sang penyair

Lahir di Cilacap, kota indah dengan pantai yang membentang di sisi selatan pulau Jawa.

Selanjutnya

Tutup

Bisnis Pilihan

Sukses di Usia Muda, Kenapa Tidak?

23 Desember 2020   16:44 Diperbarui: 23 Desember 2020   16:51 383 14 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sukses di Usia Muda, Kenapa Tidak?
Gambar dari byantatap.co.id di facebook.com

Uang bukanlah segalanya tetapi semua kebutuhan kita dibeli menggunakan uang

Usia muda bukanlah halangan untuk memulai bisnis. Justru di usia muda, kita mempunyai power dan stamina yang masih bagus. Sehingga kita dengan mudah bergerak untuk mendapatkan impian yang kita mau.

Modal bukanlah satu-satunya alasan untuk menghalangi kita memulai bisnis. Dalam artikel kali ini, penulis berkesempatan untuk berkumpul bersama dengan orang-orang hebat yakni: Titi Sugi Hartati berperingkat manager dalam bisnis  NASA atau Natural Nusantara, Fatimawani'mah berperingkat manager di NASA, Ayu Hartini berperingkat manager, Laelatul Istoqomah berperingkat silver manager dan Wakhidaturrohmah berperingkat Emerald manager dalam bisnis NASA. Beliau memulai semua dari nol dalam usia muda untuk memulai bisnis dan sekarang sudah mendapatkan omset sampai puluhan juta dalam satu bulan. 

Apa saja sih tipsnya dan kok bisa mereka mampu sukses dalam usia yang relatif muda?

Tapi sebelum itu penulis akan memberi tahu apa itu NASA secara singkat yang penulis maksudkan dalam artikel ini. Karena narasumber kita adalah para ibu muda yang berkecimpung dalam bisnis NASA. NASA atau PT. Natural Nusantara adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang perdagangan produk dengan siatem Multi Level Marketing, dimana ada 10 jenjang karir yang dapat ditempuh oleh para anggotanya yaitu: Distributor, Manager, Silver Manager, Gold Manager, Pearl Manager, Emerald Manager, Diamond Director, Executive Diamond Director, DoubleDiamond Direktor, Crown Diamond Director. Dimana jabatan paling dasar yaitu Distributor dan jenjang karier tertinggi adalah Crown Diamond Director.

Nah, tidak panjang lebar lagi langsung saja kita bongkar kiat sukses bisnis mereka di usia muda. 

Disampaikan ibu Titi Sugi Hartati, paradigma atau sekumpulan keyakinan dasar yang membimbing tindakan manusia dibagi menjadi dua yaitu paradigma umum dan paradigma sukses. Dimana paradigma umum contohnya yaitu kita bekerja seperti orang kebanyakan dengan di batasi waktu, gerak dan tindakan. Bangun pagi berangkat kerja pulang sore, mendapat gaji pokok sama setiap bulannya syukur-syukur ada bonus. Lain dengan paradigma sukses kita bekerja tanpa batasan waktu dan tempat, gaji yang kita peroleh tergantung dari seberapa pintar kita membangun aset sedari awal. Kita harus pintar-pintar membagi waktu untuk mengembangkan bisnis, berani berusaha lebih dari orang lain. Sehingga ketika aset kita sudah tertanam dengan baik, kita tinggal memetik hasilnya. Sayangnya paradigma atau cara bertindak berani seperti ini hanya dilakukan hanya 5% orang di dunia. Apakah kamu salah satunya?

Lebih lanjut dijelaskan oleh ibu Fatiwani'mah, paradigma sukses dalam bisnis ini bisa diterapkan apabila kamu sudah masuk dalam bisnis dalam hal ini NASA, dan menawarkan produk ke teman-teman terdekat. Penulis menganggap strategi ini juga cocok apabila kamu sudah mempunyai suatu usaha sendiri dan kesulitan atau bingung memasarkan produknya bagaimana.

Pertama, yaitu tuliskan nama orang-orang yang kamu kenal. Hanya tuliskan saja jangan berfikir mereka mau membeli produkmu atau bergabung dalam memasarkan produkmu atau tidak. Bebaskan fikiran, tulis setiap hari dalam selembar kertas 1 atau 2 menit orang-orang yang kamu kenal.

Kedua, setelah ditulis hubungi mereka bisa lewat sosial media, chat, atau datang langsung ke rumahnya sekalian silaturahmi.

Ketiga, basa basi tanya kabar lalu tawarkan produkmu dan tanya mereka berminat penghasilan tambahan dengan bergabung bersamamu berjualan atau tidak? Tanyakan juga apakah mereka bisa meluangkan waktu untuk berbisnis bersamamu.

Keempat, kelompokkan. Kelompokkan orang yang mau bergabung memulai bisnis (positif), orang yang sebenarnya ingin bergabung tetapi banyak alasan (semi positif), dan orang yang menolak (negatif).

Kelima, orang yang mempunyai jawaban mau dibimbing bagaimana cara memulai berbisnis dengan kita. Atau jika dia hanya berminat membeli produk kita, kita tunjukkan manfaat atau keuntungan apa saja yang mereka dapatkan apabila mereka membeli produk dari kita.

Keenam, jangan mudah down apabila kita ditolak costumer. Kita boleh ditolak tapi jangan mudah putus asa, ayo bangkit dan terus belajar dari pengusaha yang sudah lebih senior. Bagaimana cara mereka untuk dapat banyak pelanggan dan bagaimana cara usahanya dapat berkembang dimana-mana. Kita tidak hidup sendiri, ada sahabat ada keluarga dan tentunya ada Tuhan yang selalu bersama kita. 

Selanjutnya tips dari ibu Ayu Hartini, apabila kita sudah mempunyai anggota yaitu:

Pertama, tanya kenapa mereka ingin bergabung bersama kita.

Kedua, dampingi terus anggota kita agar mereka paham produk kita seperti apa.

Ketiga, tanyakan kesan mereka pada produk yang kita tawarkan.

Keempat, penjual harus mempunyai sifat ramah.

Kelima, ajarkan kiat-kiat promosi. Jika dalam status whatsapp maka tulisan jangan sampai banyak dan kecil-kecil hingga sulit dibaca. Tulisan ringkas namun menarik. Lalu, maksimalkan nomor hp yang dapat kita simpan di whatsapp agar setiap kita menggunggah status promosi banyak juga yang melihat. Begitupun jika di facebook, maksimalkan jumlah pertemanan yang bisa kita konfirmasi. Sehingga jika kita punya teman 5000 dan setengahnya tidak aktif maka kemungkinan ada 2500 orang yang melihat promosi kita di facebook ataupun media sosial lainnya. Sehingga nantinya mereka akan tertarik dan membeli dagangan kita.

Selanjutnya tips yang ditunggu-tunggu dari ibu Laelatul Istiqomah berperingkat Silver manager yang akan mengupas tentang 4 pilar sistem dalam bisnis yaitu:

Pertama, Edifikasi. Apa itu edifikasi? Edifikasi yaitu menceritakan atau mempromosikan tentang produk yang kita jual. Bagaimana keunggulan produk yang kita bawa dan kesan atau testimoni apa saja yang sudah dirasakan setelah menggunakan produk diceritakan kepada costumer. Karena dalam artikel ini dibahas produk NASA yang besistem multi level marketing, promosikan juga para atasan yang sudah sukses dalam menjalankan bisnis.

Kedua, konsultasi. Konsultasikan permasalahan atau kendala-kendala kepada orang yang sudah lebih dulu sukses, sehingga kita tahu cara penyelesaian terbaik dari masalah yang kita hadapi. Karena kita tidak bisa hidup sendiri, manusia adalah makhluk sosial yang membutuhkan orang lain. Namun konsultasinya harus pas, yaitu dengan seseorang yang lebih ahli jangan dengan orang yang baru sama-sama memulai.

Ketiga, no croslining. Apa itu croslining? Yaitu orang yang sama-sama baru memulai bisnis atau memulai bisnisnisnya waktunya bersamaan dengan kita. Jangan konsultasi masalah bisnis pada rekan yang baru sama-sama memulai karena mereka sama bingungnya dengan kita. Jadikan rekan croslining sebagai penyemangat dan tetap menjalin kedekatan. 

Keempat, Good team player. Tim yang solid. Apabila kita sudah punya member maka jalin kedekatan dan jaga agar menjadi tim yang saling mendung satu sama lain. Jangan sudah ada tim tapi tim kita dicueki atau tidak diperhatikan, nanti akan bubar satu per satu.

Akhirnya pembahasan paling ditunggu dari ibu Wakhidaturrahmah yang sudah berpangkat Emerald manager dan mempunyai omset puluhan juta per bulan di usia baru seperempat abad. Mari kita simak tips suksesnya: 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN