Mohon tunggu...
Linda Septiani Sebianto
Linda Septiani Sebianto Mohon Tunggu... Lainnya - Study and Travel

In this blog, I will focus on providing content about study, student exchange, cultural exchange, and world tourist attractions.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Alumni Bercerita 2: Alasan Mengikuti Program PMM 2021

20 Mei 2022   15:09 Diperbarui: 21 Mei 2022   21:15 352 6 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kegiatan Kebinekaan PMM 2021 (Dokpri)

Haii haii sobat PMM!!

Lagi ya kita sharing cerita alumni PMM Batch 1 nihh... Apa sih yang jadi latar belakang para Awardee PMM 2021 memutuskan untuk mengikuti program tersebut. Mari kita simak hihi

Spesial yang pertama kita baca curhatan dari Ika nih yuks.

1. Ika Andina N. dari Universitas Trunojoyo Madura

Hallo pak Nadiem!!
Ini saya, korban salah satu program bapak. Pak, akhirnya kami berpisah, melanjutkan apa yang sebelumnya sudah dipilih. Demi pendidikan, kerinduan harus kami pendam.
Bertukar sementara bermakna selamanya, tak hanya sekedar kalimat jargon. Kami dikumpulkan dengan latar belakang, karakteristik, dan basic pendidikan yang berbeda. Dipaksa keadaan untuk senantiasa bersama. Dalam keadaan suka ketika pergi Modul Nusantara, maupun dalam keadaan krisis ekonomi. Saling bertumpu, mengandalkan dan berbagai. Terkadang, caci maki serta pertengkaran tak dapat terelakkan. Benar kata pepatah, dalam kesusahan akan ditemukan sahabat sejati. Tapi bagi saya, mereka bukan sahabat, mereka saudara saya. Keluarga baru yang saya temukan di tanah rantau. Bolehkan saya kirimkan doa dan harap saya pada mereka? Agar kami dapat segera dipertemukan dengan kesuksesan masing-masing?. Saya harap mereka tetap bahagia.

2.  Triansani Octavina dari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Alasan mengikuti program PMM 2021: alasan utama aku mengikuti PMM-DN itu biar bisa keluar dari pulau jawa-sumatera. Soalnya pengen banget eksplor tempat² indahnya Indonesia, apalagi program yang di tunggu tunggu itu Modul Nusantara. Bisa jalan jalan gratis sambil belajar itu sih tujuan utama. Masalah dapet uang saku sama jodoh itu bonus🤭

3. Dede Antonius Permana Sinaga dari Universitas Negeri Medan

Alasan mengikuti program PMM 2021: Alasan saya mengikuti PMM-DN 2021 pastinya karena saya memiliki keinginan dan tertarik untuk mengenal budaya, adat-istiadat di daerah lain yang belum saya ketahui dan pembelajaran di kampus penerima yang pastinya berbeda dengan kampus asal saya. Yang menantang saya untuk bisa beradaptasi dan bertahan di situasi yang berbeda tentunya, Itulah sebabnya saya mengikuti PMM-DN 2021.

4. Yuhal Nazilah dari Universitas Slamet Riyadi

Alasan mengikuti program PMM 2021: Dari awal masuk kuliah uda punya target pengen banget ikut program STUDENT EXCHANGE, dan ternyata di semester 2 akhir dapat info tentang program baru yang dibuat oleh pak Nadiem dan salah satunya ada PMM-DN jadi tanpa pikir panjang langsung menyiapkan dokumen dokumen yang di perlukan buat daftar PMM-DN

5. Novia Anggraini dari Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Alasan mengikuti program PMM 2021: Alasannya karna belum pernah keluar dari bengkulu wkwkw, pengen ngerasain naik pesawat dan first time banget naik pesawat modal nekad sendirian dari bengkulu ke makassar. Sebenarnya berdua, tapi temen aku udah duluan berangkat dan dia berangkat bareng sama salah satu anak UNSRI. Jadi bener-bener modal nekad banget sampai di hubungin ortu terus karena aku bener-bener sendirian waktu itu dan karna transit pun waktu nunggu pemberangkatan dari Jakarta-Makassar itu sampai 5 jam setengah haha.
Selain itu alasan ikut PMM karna pengen temen yang gak cuma dari satu daerah aja dan terbukti dapat temen nya seluruh nusantara.

6. Hafizhah Putrizalda dari Universitas Negeri Padang

Alasan mengikuti program PMM 2021: Awalnya diajakin temen, berkas²nya pun diurusin sama temen, eh taunya lulus Alhamdulillah.. Tapi ketika liat apa itu PMM kampus merdeka, aku jadi punya alasan pasti kenapa ikut selain diajak temen, yaitu aku pengen punya pengalaman lebih selain hanya di kota tempat tinggalku. Mencari pengalaman yg lebih luas dengan pergi ke pulau yg jauh dari tempat tinggalku. Mengenal budaya dan adat istiadat lainnya yg ada di Indonesia serta ingin punya relasi yg luas. Selain itu, pertukaran mahasiswa luar maupun dalam negeri salah satu list impian aku.

7. Lulu Ardiani Zain dari Universitas Swadaya Gunung Djati

Alasan mengikuti program PMM 2021: Alasan yang paling mendasar ialah mencari pengalaman.
Pengalaman yang dimana sangatlah berarti dalam kehidupan.
Dengan adanya pengalaman ini menjadi nilai plus tersendiri dalam diri saya, karena saya berasal dari fakultas keguruan yang dimana mengharuskan saya untuk memiliki pengetahuan, wawasan dan pengalaman yang memumpuni untuk dapat memberikan yang lebih besar lagi kepada para murid saya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan