Mohon tunggu...
Linda Rahmawati
Linda Rahmawati Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Bio

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pentingnya Job Analysis di Masa Depan

12 Mei 2021   12:21 Diperbarui: 12 Mei 2021   12:25 156 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pentingnya Job Analysis di Masa Depan
dribbble.com

Job Analysis merupakan suatu prosedur untuk menentukan tanggung jawab dan persyaratan keterampilan yang dibutuhkan dari pekerjaan dan jenis orang yang harus dipekerjakan. Pada saat ini analisis pekerjaan sangat dibutuhkan di seluruh perusahaan, karena dengan analisa pekerjaan ini perusahaan ataupun manajer dapat mengkontrol produktivitas perusahaan.

Dalam menganalisa suatu pekerjaan perlu melihat perkembangan dan penyesuaian kebutuhan organisasi atau perusahaan tersebut. Pada era Industri 4.0 ini tentu saja jenis pekerjaan pada suatu perusahaan telah berevolusi dikarenakan banyak perubahaan yang dihadapi oleh perusahaan pada setiap tahunnya.

Menurut Brannick, perubahan kondisi pekerjaan ini terdiri dari 3 perubahan, yaitu :

  1. Changes in society : Perubahan yang berasal dari nilai-nilai sosial. Seperti kebijakan yang mengatur pekerjaan/tenaga kerja, usia produktif, keberagaman dalam angkatan kerja, dan masih banyak yang lainnya.
  2. Changes in technology : Perubahan yang berasal dari teknologi baik mesin yang digunakan maupun teknik proses pekerjaan diselesaikan. Misalnya, teknologi dalam perusahaan manufaktur sudah berkembang sangat pesat baik mesin maupun proses pekerjaanya yang sekarang lebih mendapatkan efisiensi yang baik.
  3. Changes in business environment : Perubahan yang berasal dari lingkungan bisnis. Dimana bisnis pada era industri 4.0 ini sangat beragam dan menciptakan persaingan yang lebih ketat, sehingga menuntut perusahaan dan para pekerja agar lebih kreatif dan inovatif supaya dapat menghadapi persaingan yang ada.

Dengan semua perubahan yang ada, analisa pekerjaan ini memiliki peran penting untuk mengatur penempatan karyawan yang sesuai dengan passion maupun kebutuhan perusahaan agar produktifitas perusahaan dapat terkontrol secara efektif dan efisien.

Jika perusahaan memiliki produktifitas dan kualitas sumber daya manusia yang baik, maka perusahaan dapat menghadapi tantangan perubahan yang ada. Oleh karena itu analisa pekerjaan memiliki peran penting baik bagi perusahaan maupun manajer sumber daya manusia di masa yang akan datang.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x