Mohon tunggu...
Lina Maisaroh
Lina Maisaroh Mohon Tunggu... Wisteria

There's gonna be another mountain

Selanjutnya

Tutup

Diary Artikel Utama

Perilaku Manja yang Sebaiknya Dihindari

5 Mei 2021   11:40 Diperbarui: 11 Mei 2021   02:00 394 11 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Perilaku Manja yang Sebaiknya Dihindari
ilustrasi manja. (Sumber gambar: pexels/PolinaZimmerman)

Meminta Bantuan atau Malah Merepotkan Orang Lainkah Kita Selama Ini?

Manusia adalah makhluk sosial yang berhubungan secara timbal balik dengan manusia lain; membutuhkan dan melibatkan orang lain untuk memenuhi kebutuhannya baik dalam bekerja ataupun kehidupan sehari-hari. 

Terlepas dari manusia sebagai makhluk sosial, setiap individu tetap dituntut untuk menjadi manusia yang mandiri yang dapat mengusahakan pemenuhan kebutuhan dan keinginannya dengan kemampuannya sendiri.

Steinberg (2002) menjelaskan bahwa kemandirian ialah kemampuan untuk mengatur perilaku sendiri untuk memilih dan memutuskan sendiri serta mampu melakukannya tanpa tergantung pada orang lain. 

Akan tetapi di lain sisi meminta bantuan bukan suatu hal yang buruk, karena pada dasarnya tidak semua hal dapat dilakukan sendiri. Dengan demikian dalam kehidupan manusia terdapat tolong-menolong, secara bergantian manusia saling membutuhkan dan dibutuhkan.

Manusia menyandang dua definisi sekaligus, yakni sebagai makhluk sosial dan individu. Keduanya berjalan beriringan, melekat satu sama lain. 

Yang terpenting ialah menjaga keduanya tetap pada porsi masing-masing sehingga kita bukan menjadi manusia sosial yang merepotkan. Ketika tidak dapat mengatasinya sendiri pastikan terlebih dahulu bahwa kita benar-benar tidak bisa menanganinya sendiri. 

Hal ini menjadi poin utama sebelum meminta bantuan kepada orang lain. Jika memang tidak bisa anda tangani sendiri, bisa jadi meminta bantuan kepada orang lain menjadi solusi permasalahan. 

Hindari sikap bergantung kepada orang lain. Ketahuilah bahwa setiap orang memiliki urusan dan kesibukan masing-masing. Jangan manja dan malas!

Sikap manja sama sekali tidak menguntungkan, justru merugikan diri sendiri dan menyebabkan orang lain tidak nyaman. Sebagai manusia dewasa sudah tidak selayaknya bersikap seperti anak kecil bukan? Berikut dampak dari sikap manja yang sepatutnya dihindari:

  • Akan dikucilkan oleh orang-orang di sekitar

Sudah pasti orang manja memiliki sedikit teman atau bahkan tidak sama sekali. Berinteraksi dengannya tidak menghasilkan hubungan yang saling menguntungkan kedua belah pihak. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN