Saat ini banyak perusahaan mulai berpikir pelanggan adalah aset yang harus dijaga. Oleh karenanya mereka berlomba-lomba menjaga pelanggan yang ada.
Jangan sampai kemudian abai dan berpindah ke tempat lain. Bila ini terjadi sudah pasti ada yang namanya kerugian, baik itu untuk jangka pendek maupun jangka panjang.
Tak ingin kehilangan pelanggan maka saatnya mengelola pelanggan sebaik mungkin. Jadikan mereka sebagai bagian dari tim marketing yang tidak terlihat tapi ampuh bekerja.
Mengenal Kanal Layanan Pelanggan
Secara umum tentu kita akan begitu mudah mengenali berbagai kanal layanan pelanggan yang ada. Sesuatu yang begitu mudah dijangkau dan bisa jadi itu ada di genggaman.
Sebagai contoh apa yang dilakukan Indibiz dari Telkom Indonesia melalui Telkom Indibiz Care yang telah menggunakan hampir semua peluang yang ada sebagai kanal layanan pelanggan.
Menjadi bukti bahwa perusahaan yang satu ini begitu komitmen memberi pengalaman terbaik bagi pelanggan. Pelanggan telah menjadi aset yang harus senantiasa dijaga sebaik mungkin.
Bila dicermati maka setidaknya ada 8 kanal yang telah digunakan Indibiz guna menjaga pelanggan tetap setia dan berikut sedikit ulasannya.
1. Telepon
Metode ini bisa jadi adalah satu yang paling klasik atau telah ada sejak zaman dulu. Namun jangan salah meski demikian tetap dianggap efektif bekerja. Hal ini tidak lepas dari kemampuan dimana pelanggan langsung bisa bercerita tentang apa yang menjadi masalah dan menemukan solusi.
Intera secara real-time ini banyak dipilih karena bisa mendapat respon secara langsung dan personal. Artinya tiap orang akan mendapat solusi yang benar-benar tepat sesuai keluhan yang ada.
Sangat cocok bila terjadi masalah yang begitu kompleks dan inginkan jawaban atau klarifikasi secepat mungkin. Namun demikian bisa jadi akan terjadi antrean lama karena tim customer  service biasanya terbatas jumlahnya.
2. WhatsApp
Selanjutnya kanal layanan pelanggan yang paling praktis dan populer tentu saja whatsapp. Hal ini dibuktikan telah digunakan tak kurang dari 2 miliar pengguna.