Mohon tunggu...
liman dirachmat
liman dirachmat Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia

Hobi bermain game

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

KKN Tematik 2022 UPI: Promosi Video Desa Lamajang Pangalengan sebagai Desa Wisata

20 Agustus 2022   16:31 Diperbarui: 20 Agustus 2022   16:35 216 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) melakukan konstribusi nyata dalam adanya fasilitas kesehatan dan keamanan dalam tempat bekerja, melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata Tematik Perberdayaan Masyarakat berbasis SDG’s Desa. Kegiatan..

Berdasarkan domisili mahasiswa dibagi dalam beberapa kelompok besar dengan tema yang sudah ditentukan, dan kelompok besar itu dibagi menjadi kelompok – kelompok kecil.

Dalam kelompok KKN 91 ini bertemakan “Pertumbuhan Ekonomi Merata”. Kelompok 91 adalah salah satu dari kelompok KKN Tematik UPI 2022.  Kelompok kami meeupakan kelomok kecil dari Kelompok 91 yang mendapatkan sub tema “Peningkatan Kunjungan Wisata dan Kontribusi Wisata untuk Produk Domestik Bruto (PDB) Desa”.

Desa Lamajang merupakan salah satu Desa yang berada di Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat. Dengan mengusung sub tema ‘Peningkatan Kunjungan Wisata dan Kontribusi Wisata untuk PDB Desa’ bidang pariwisata di Desa Lamajang masih perlu dikembangkan. 

Terdapat beberapa tempat wisata alam yang ada di Desa Lamajang seperti Rumah Adat Cikondang, Fajar Alam, dan Bukit Eon. Tetapi tempat wisata tersebut masih kurang dikenal oleh masyarakat luar, karena kurangnya promosi mengenai tempat wisata yang ada di Desa Lamajang.

dok pribadi
dok pribadi

Desa Lamajang adalah desa yang menarik, selain memiliki tempat wisata alam seperti Rumah Adat Cikondang, Fajar Alam, dan Bukit Eon, Desa Lamajang juga menyajikan wisata - wisata adat kesenian sunda seperti Beluk, Tarawangsa, Pencak Silat, Sisingaan, dan masih banyak lagi yang dimana para wisatawan dapat mencoba kesenian - kesenian tersebut secara langsung. Kesenian - kesenian adat seperti ini sudah hampir punah di masa modern ini. 

Desa Lamajang berusaha mempertahankan adat kesenian ini agar tidak punah. Desa Lamajang mengajak dan melatih para pemuda disana untuk memainkan peran dalam kesenian - kesenian adat dan menyebarkan kesenian - kesenian itu kepada para wisatawan yang ingin mengetahui lebih dalam tentang kesenian - kesenian adat disana.

Rumah Adat Cikondang

dok pribadi
dok pribadi

Rumah Adat Cikondang ini merupakan ikon dari Desa Wisata Lamajang. Rumah adat ini sudah berusia 370 tahun. Menurut juru kunci rumah adat cikondang, aturan untuk masuk ke rumah adat ini adalah harus beragama islam dan sedang tidak haid bagi perempuan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan