Disini saya akan sedikit memaparkan tentang Filsafat Pendidikan Idealisme dan Tokoh Filosofi Pendidikan Idealisme....
Mari kita simak dibawah ini!!!
A. Filsafat Pendidikan Idealisme
  Filsafat pendidikan idealisme sering disebut sebagai aliran idealisme. Aliran idealisme adalah salah satu aliran filsafat pendidikan yang mengedepankan akal pikiran manusia atau yang berpusat pada pengetahuan dan kebenaran tertinggi yaitu ide atau gagasan.Â
  Dalam sebuah konteks pendidikan, idealisme merupakan suatu aliran filsafat yang berkontribusi besar demi mencapai kemajuan pendidikan. Hal ini bisa dilihat dari metode-metode dan kurikulum yang digunakan. Idealisme ini mengembangkan sebuah pemikiran peserta didik yang dapat menjadikan peserta didik tersebut mampu dalam menggunakan akal pikiran, ide, atau gagasannya dengan baik dalam mengembangkan suatu ilmu pengetahuan.
B. Tokoh-Tokoh Filosofi Pendidikan Idealisme
 1. Plato
  Plato adalah salah satu tokoh filosofi pendidikan idealisme yang berasal dari Athena, pada tahun 427 SM, Dia lahir dari keluarga Ariestiokrasi. Plato mengemukakan bahwa kebenaran sebagai sesuatu yang sempurna dan abadi. Hal ini diperkuat oleh Plato karena sudah terbukti bahwa dalam dunia eksistensi keseharian akan senantiasa mengalami perubahan. Dengan demikian, suatu kebenaran tidak dapat ditemukan dalam dunia materi yang tidak sempurna dan berubah. Plato percaya bahwa akan ada kebenaran yang universal yang dapat disetujui oleh semua orang. Contohnya dapat ditemukan pada pembelajaran matematika, seperti: 8+4=12 adalah selalu benar, bahkan diwaktu yang akan datang pasti akan tetap benar.
   Dalam konteks pendidikan Plato bertujuan bahwa pendidikan harus membentuk sebuah watak dan karakter siswa, bagaimana siswa tersebut menjadi manusia yang aktif, kreatif, dan produktif.
Plato menggunakan 2 metode yaitu:
a. Metode Tingkat Dasar.