Mohon tunggu...
Lilis Edah Jubaedah
Lilis Edah Jubaedah Mohon Tunggu... Guru - Guru di SMPN 1 Cilegon

Saya Lilis Edah Jubaedah, Lahir di Purwakarta, 26 Agustus 1965. Pekerjaan saya Guru di SMPN 1 Cilegon. Hobby saya menulis, walapun belum mahir. Konten yang saya sering tulis apa saja yang berhubungan dengan rasa kekhawatiran diri terhadap lingkungan sekitar. Jenis tulisannya ada puisi, cerpen, opini, esai, atau apa saja yg menurut saya cocok dengan kontennya. Tapi hanya sekadar menulis saja.

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Manfaat Kerja Sama dengan Lembaga Lain

7 November 2022   18:00 Diperbarui: 7 November 2022   18:01 121
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokumen Pribadi by Canva

Dokumen Pribadi by Canva
Dokumen Pribadi by Canva

Setelah enam tahun menjalin kerja sama dengan Dinas Kesehatan khususnya Puskesman Jombang, yaitu puskesman satu wilayah dengan SMP Negeri 1 Cilegon, Lembaga tersebut sudah beberapa kali melaksanakan pemeriksaan Kesehatan mata, telinga, dan cek HB bagi seluruh siswa kelas 7, 8, dan 9. Hal ini merupakan tujuan dari sekolah sehat dan program puskesmas di bidang pemeliharaan Kesehatan siswa.

Dulu SMP Negeri 1 Cilegon tidak pernah kedatangan petugas Kesehatan, kecuali karena mereka membutuhkan data tinggi badan dan berat badan dari seluruh siswa.

Tetapi sejak tahun 2016 sejak SMP Negeri 1 Cilegon dipilih menjadi sekolah model, maka mulai diprogramkan kerja sama dengan Lembaga lain yang dimungkinkan ada keterkaitan dengan kebutuhan perkembangan siswa. Di antaranya dinas Kesehatan, Lembaga kepolisian, BNN, Damkar, BPBD, dan Baziz. 

Hal ini dilakukan mengingat pada perkembangannya, Lembaga Pendidikan membutuhkan gandingan tangan dari Lembaga lain seperti yang dideretkan di atas. Selalin itu juga kerja sama dilakukan dengan Dunia Usaha Dunia Industri atau dikenal dengan istilah DU/DI.

Menurut pengalaman yang sudah berjalan selama enam tahun, terkuak kenyataan bahwa Lembaga-lembaga tersebut memiliki program untuk menjadi mitra dari Lembaga Pendidikan khususnya sekolah-sekolah yang menjadi bagian dari wilayah kerjanya. 

Nah dari sejak itulah kami dalam beberapa kegiatan selalu menggandeng Lembaga-lembaga yang sudah berkomitmen dengan SMP Negeri 1 Cilegon melaksanakan kegiatan Bersama saling mengisi dan saling melengkapi masing-masing program.

Hari ini tanggal 7 November 2022, di sekolah diadakan pemeriksaan mata, telinga, dan cek HB khusus untuk kelas 7. Kelas 8 dan 9 hanya pemeriksaan mata dan telinga saja karena cek HB sudah dilaksanakan waktu duduk di kelas 7. Karena hanya pemeriksaan mata dan telinga, di kelas 8 tidak siswa yang mengeluh kesakitan. Akan tetapi di kelas 7 ada beberapa siswa yang ketakutan samaj arum tusuk jari Ketika akan diambil darah.

Jumlah petugas Kesehatan yang datang ada 12 orang yang akan memeriksa Kesehatan mata dan telinga juga cek HB siswa kelas 7, 8, dan 9. Dalam satu kelas ada yang dua orang petugas yang melakukan pemeriksaan, ini yang di kelas 8 dan 9. Sementara di kelas 7 petugas berjumlah 3 orang karena ada tambahan pemeriksaan yaitu cek HB.

Kesimpulan dari hasil pemeriksaan mata dan telinga, masih ada beberapa anak yang belum terbiasa membersihkan telinga, maka siswa SMP Negeri 1 Cilegon belum 100% bersih telinganya. Maka petugas puskesmas langsung memberi pengarahan bagaimana cara membersihkan telinga.

Ternyata membersihkan telinga itu lebih baik setiap hari terutama setelah mandi. Ini bukan korek kuping atau membuang tai kuping, tapi membersihkan di sekitar lubang kuping. Kalau sehabis mandi kan telinga terkena air jadi basah. Nah, dilaplah dengan tisu atau kain halus dibersihkan sekitar lubang kupingnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun