Mohon tunggu...
Lili Nandeyo
Lili Nandeyo Mohon Tunggu... Full Time Blogger - bersama kita wujudkan indonesia maju

seorang wanita yang gemar merangkai kalimat

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Update Perizinan Berusaha Indonesia: Pengenalan Klasifikasi Standar Usaha Indonesia 2020

28 September 2021   12:06 Diperbarui: 28 September 2021   12:15 77 1 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Update Perizinan Berusaha Indonesia: Pengenalan Klasifikasi Standar Usaha Indonesia 2020
Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Pada tanggal 24 September 2020, Pemerintah Indonesia telah menerbitkan Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia ("KBLI") yang telah diperbarui. KBLI menyediakan daftar klasifikasi dan deskripsi kegiatan usaha dari setiap usaha di Indonesia. Kami mencatat bahwa berlakunya kode KBLI baru ini telah mencabut KBLI sebelumnya yang diterbitkan pada tahun 2017 ("KBLI 2017"). Silakan klik di sini untuk mengakses KBLI 2020 lengkap untuk referensi Anda.

Kerangka Hukum: Dalam menyusun ringkasan eksekutif di bawah ini, kami mengacu pada Peraturan BPS No. 2 Tahun 2020 tentang Klasifikasi Baku Usaha Indonesia ("KBLI 2020").

Kunci Utama KBLI 2020: Berikut ini adalah beberapa kunci utama dalam pengenalan dan pelaksanaan KBLI 2020.

Tujuan KBLI 2020: Kami mencatat bahwa KBLI 2020 disusun oleh BPS dan kementerian terkait untuk mengakomodasi kegiatan bisnis yang muncul di Indonesia yang belum diatur dalam KBLI 2017.

Terkait dengan hal tersebut, pemerintah bertujuan untuk menyelaraskan semua kegiatan usaha di beberapa sistem perizinan untuk menggunakan KBLI 2020, termasuk Sistem Online Single Submission ("OSS") saat ini dan sistem database Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia ("MOLHR"). .

Pembaruan Klasifikasi Bisnis di KBLI 2020: KBLI 2020 menambah, menghapus, dan mengubah klasifikasi bisnis yang ada beserta deskripsinya. Kami mencatat bahwa KBLI 2020 memperkenalkan total 216 kode klasifikasi bisnis baru.

KBLI untuk Kegiatan Teknologi Finansial ("Fintech"): Kami mencatat bahwa pemerintah Indonesia telah memperkenalkan beberapa kode KBLI khusus untuk kegiatan Fintech. Hal ini untuk mengakomodir perkembangan fintech di Indonesia saat ini.

Mohon tunggu...
Lihat Konten Bisnis Selengkapnya
Lihat Bisnis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan