Mohon tunggu...
Lilik Maslamah
Lilik Maslamah Mohon Tunggu... Guru - Belajar, Berjuang dan Bertakwa

Sebagai pendidik di salah satu lembaga pendidikan di Mojokerto dan sebagai direktur Bumdesa Mitra Abadi Sumolawang

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Refleksi HUT RI 77: Kiprah Guru Swasta Membangun Bangsa

17 Agustus 2022   14:35 Diperbarui: 17 Agustus 2022   14:37 106 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Hari ini Rabu, 17 Agustus 2022 tujuh puluh tujuh tahun sudah Indonesia tercinta merdeka, kegiatan upacara peringatan HUT RI pun di gelar dimana-mana.  Mulai dari pemerintah pusat,  propinsi, kabupaten, kecamatan maupun desa. Selain itu di sekolah, perkantoran, lembaga - lembaga, bahkan organisasi kemasyarakatan pun tak ketinggalan. 

Sementara itu, seringkali masyarakat juga memperingatinya dengan mengelar do'a bersama, perlombaan, karnaval dan event lainnya. 

Guru yang merupakan salah satu komponen bangsa Indonesia yang salah satu tugas dan fungsinya adalah mencerdaskan kehidupan bangsa memiliki peranan yang penting dalam pembangunan manusia yang berkualitas dan berkarakter Pancasila. 

Guru swasta adalah seorang guru yang mengajar di lembaga pendidikan yang berada dilingkungan sebuah yayasan dan dibiayai atau digaji secara mandiri oleh yayasan tersebut.

Sedangkan guru negeri mengajar di sekolah milik pemerintah dengan anggaran pendidikan dan umumnya berstatus sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Kinerja guru swasta sebenarnya tak kalah profesional juga dengan guru PNS.  Hal ini ditunjukkan dengan adanya guru-guru swasta yang memiliki prestasi dan keahlian. Seperti halnya mereka mampu bersaing dalam ajang Anugerah guru. Mereka juga memiliki kapasitas mendidik dan mengajar siswa di lembaganya secara profesional, memiliki karya-karya inovatif dalam pembelajaran. 

Berbicara tentang keikhlasan dalam bekerja tak perlu diragukan lagi, dedikasi dan pengabdiannya tak lagi di ukur dengan gaji yang tak seberapa jauh di bawah UMR. 

Kepada semua guru-guru swasta se-Indonesia salam semangat, guru hebat siswa cerdas.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan