Mohon tunggu...
Lilia Gandjar
Lilia Gandjar Mohon Tunggu... Tutor - Penikmat aksara dan pencinta kata-kata.

Penyuka dunia tulis menulis.

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Melahirkan Gratis dengan Jaminan Persalinan di Belitung Timur

29 Juli 2022   06:21 Diperbarui: 29 Juli 2022   06:21 901
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Melahirkan Gratis dengan Jaminan Persalinan di Belitung Timur. (Dokpri)

Hari itu Sabtu, 11 Mei 2013. Rencananya saya akan pergi ke RSU Manggar untuk cek urin, cek darah, dan persiapan melahirkan di bulan Juni.

Jam 9:00 perut saya rasanya melilit. Di toilet saya dapati darah.

"Semoga ini sama seperti biasa," batin saya. "Tapi mengapa perut melilit?"

Jam 10:00 saya tiba di IGD RSU Belitung Timur. Tak lama, seorang dokter datang.

"Ibu sudah bukaan 4," kata dokter muda itu. "Tapi belum bisa melahirkan sekarang. Anak ibu belum 9 bulan, paru-parunya belum kuat. Andai lahir sekarang, kesempatan hidupnya hanya 25%."

Astaga! Rasa sakitnya bukan kepalang. Tapi berita buruk pula yang saya terima.

Saya pasrah ketika dokter memberikan suntikan. Lalu bidan memasang infus. Alasannya agar tidak terlalu sakit karena suntikan harus terus diberi.

Suntikan-suntikan instens diberikan. Namun, pukul 14:00 ketuban pecah. Pukul 15:00 putri kecil lahir.

"Semoga putri ini hidup," doa saya diujung kelelahan.

Putri kecil lahir dengan berat 2,1 kg dan panjang 48 cm. Dia hidup!

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun