Mohon tunggu...
Lilia Gandjar
Lilia Gandjar Mohon Tunggu... Pengajar, Penulis, Pencinta Lingkungan

Lulus dari Teknik Kimia dan menyukai dunia tulis menulis.

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Pilihan

Meditasi Movement, Apa dan Bagaimana Caranya?

13 Juli 2020   09:17 Diperbarui: 14 Juli 2020   13:37 65 14 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Meditasi Movement, Apa dan Bagaimana Caranya?
Illustrasi | Freepik.com

Meditasi Movement

Meditasi movement fokus pada gerakan tubuh, bukan pada tujuan yang ingin dicapai dari gerakan itu. Memperhatikan pengaruh gerakan tersebut terhadap tubuh.

Meditasi movement adalah modifikasi dari meditasi mindfulness. Atau langkah pertama membawa meditasi mindfulness pada aktivitas harian.

Yang diharapkan pada meditasi mindfulness adalah tidak ada gerakan secara fisik. Yang aktif adalah pikiran dan alat-alat indera. Dimana alat-alat indera aktif menangkap setiap sensasi dan pikiran aktif mengobservasi sensasi-sensasi tersebut.

Pada meditasi movement, meditator melakukan gerakan sambil berlatih meditasi mindfulness. Memperhatikan bagaimana tubuh bergerak dari satu gerakan ke gerakan lain.

Awal berlatih, semua gerakan dilakukan secara lambat. Bergerak dari satu posisi ke posisi lain dengan penuh kesadaran. Sadar sedang melakukan gerakan dan menjaga diri tetap aman.

Saat melakukan meditasi movement, meditator dilatih sadar terhadap sensasi-sensasi yang timbul saat bergerak. Contohnya, berjalan, menari, memasak, menyapu, mengepel, dll.

Misalnya, perhatikan telapak kaki. Sensasi apa yang timbul saat telapak kaki menyentuh lantai atau tanah. Lalu perhatikan pergelangan kaki, tulang kering, lutut, paha, pinggul saat berjalan.

Setiap orang belajar berjalan sejak balita. Dengan kata lain, berjalan jadi sesuatu yang dilakukan otomatis. Sebab sudah bertahun-tahun dilakukan tanpa harus memikirkan caranya lagi.

Jika gerakan dilakukan oleh tangan, maka perhatikan lengan bawah, lengan atas, bahu, siku saat bergerak. Atau bisa juga perhatikan pengaruh gerakan kaki dan gerakan tangan terhadap otot-otot perut jika memiliki masalah dengan pencernaan.

Saat suatu gerakan dilakukan tanpa sadar, maka sensasi-sensasi yang timbul tidak lagi dirasakan. Ini memungkinkan adanya sakit atau 'keseleo' yang diabaikan. Sakit tersebut dibiarkan menumpuk-numpuk.

Manfaat Meditasi Movement

  • Menunjukkan bagian tubuh yang sakit atau kurang nyaman, seperti sakit atau kaku.
  • Lebih sadar akan kesehatan diri sendiri.
  • Lebih sadar dengan benda-benda di sekitar, apalagi benda-benda yang biasa dipakai.
  • Membangun ikatan dengan lingkungan sekitar dan orang-orang yang berinteraksi sehari-hari.

Cara Berlatih Meditasi Movement

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x