Mohon tunggu...
Lien Dwi
Lien Dwi Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Kerokan dari Masa ke Masa dengan Balsem Lang

26 November 2017   23:46 Diperbarui: 27 November 2017   00:13 604
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

"Duh, saya masuk angin nih, butuh kerokan." Kata - kata yang seakan sering terdengar dari orang- orang dewasa di sekitar saya, ketika mereka merasa tidak enak badan. Bagi mereka, kerokan itu cara yang ampuh untuk menghilangkan masuk angin. Kerokan pun sudah dikenal sejak lama sebagai pengobatan tradisional. Saya yang saat itu berumur 12 tahun dan belum merasakan yang namanya masuk angin,  penasaran dengan kerokan tersebut. 

Saya juga ingin merasakan khasiat dari kerokan. Kata orang yang sudah pernah kerokan, mereka merasa segar dan sehat kembali setelah melakukannya. Dari pengalaman yang saya lihat, ternyata kerokan membutuhkan alat dan bahan sebagai media untuk mengerok. Alat yang harus dipersiapkan adalah pengeroknya sendiri berupa koin atau bawang putih. Yang penting, kerokannya tidak membuat badan menjadi luka saat proses pengerokan. Kemudian ada tambahan lain sebagai pelumas ketika sedang mengerok. Orang tua saya sangat menyukai kerokan menggunakan koin dan balsem. Beliau merasakan perpaduan yang pas antara keduanya. Kerokan tidak boleh sembarang arah atau alurnya. Pengerokan pun harus dilakukan oleh orang yang professional. 

Biasanya Ayah dan Ibu saya akan merasa hangat dan enak dengan menggunakan balsem. Balsem yang selalu dipercaya oleh Ayah dan Ibu saya sejak dulu untuk kerokan atau menghilangkan sakit kepala adalah Balsem Lang.  Karena Balsem Lang terdapat aroma terapi yang menenangkan tubuh dan merelaksasikan pikiran. Penggunaan balsem lang ini sangatlah mudah. Untuk masuk angin, balsem dapat dioleskan diatas punggung dan mulai melakukan pengerokan. Balsem Lang dapat juga dioleskan di pelipis kepala agar dapat melonggarkan sistem pembuluh darah. Bau aroma yang dihasilkan memberikan rasa segar dan hangat pada sistem saraf pusat yang dapat meredakan nyeri di kepala. 

Untuk kasus masuk angin, dengan kerokan pakai balsem lang membantu untuk meringankan pegal - pegal dan rasa begah pada perut.Hasil dari kerokan memunculkan bilur - bilur merah. Tandanya angin berlebih yang terdapat di dalam tubuh telah hilang. Setelah kerokan, biasanya Ayah dan Ibu saya akan memoleskan Balsem Lang kembali ke badan  agar khasiatnya makin terasa. Kandungan bahan - bahan alami  yang terdapat dalam balsem lang sangat ampuh bagi tubuh mereka. 

Pada saat itu, saya meyakini bahwa kerokan menjadi pengobatan tradisional yang ampuh untuk menghilangkan masuk angin dan sakit kepala. Terbukti pada Ayah dan Ibu saya yang terbiasa dengan kerokan membuat badan terasa lega dan kembali segar. Nah, sekarang saya telah beranjak dewasa dan disaat saya masuk angin, rasanya emang lega ketika keroka. Sampai sekarang sekeluarga tetap pakai Balsem Lang. Terbukti ampuh hilangkan masuk angin, sakit kepala, dan pegal - pegal. Bekerja di esok hari pun, saya siap kembali. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun