Mohon tunggu...
Lidiya PermataSembiring
Lidiya PermataSembiring Mohon Tunggu... -

A Communication Student who likes new things and are excited about going through new challenges in life

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama Pilihan

Manfaat Membiasakan Diri Berpuasa Sunah Senin-Kamis

11 April 2021   11:02 Diperbarui: 11 April 2021   14:40 148 3 1 Mohon Tunggu...

Sebagai umat Islam sebaiknya mengutamakan ibadah wajib terlebih dahulu daripada ibadah sunah. Namun, banyak orang berpikir bahwa ibadah sunah hanya sebagai pelengkap dari ibadah wajib. Tak sedikit yang sering meninggalkan amalan sunah karena ketidaktahuannya akan keutamaan dari amalan ini. 

Puasa Senin-Kamis merupakan salah satu amalan sunah bagi umat Islam yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Puasa hendaknya tidak hanya dilakukan ketika bulan suci Ramadan.

Dijelaskan dalam Hadist Riwayat At-Tirmidzi yang artinya: 

"Rasulullah SAW bersabda: Segala amal perbuatan manusia pada hari Senin dan Kamis akan diperiksa oleh malaikat, karena itu aku senang ketika amal perbuatanku diperiksa aku dalam kondisi berpuasa." (HR. Tirmidzi)

Jika kita amati, banyak sekali manfaat dan keutamaan yang bisa kita raih dengan menjalankan ibadah sunah. Berikut ini beberapa manfaat dan keutamaan dari puasa sunah Senin-Kamis yang bisa kita raih dengan mengerjakannya secara rutin: 

1. Melatih Kesabaran 

Dengan membiasakan diri berpuasa, akan melatih diri untuk dapat meredam hawa nafsu, meningkatkan kesabaran, dan ketakwaan kepada Allah SWT. 

2. Terhindar dari Godaan Setan

Setan akan selalu mengajak manusia untuk melakukan hal-hal yang dilarang oleh Allah SWT, dengan membiasakan diri berpuasa, akan meminimalisir pengaruh setan kepada manusia.

3. Meningkatkan Rasa Syukur serta Melembutkan Hati.

Dengan berpuasa secara rutin, secara tidak langsung akan melembutkan hati kita serta meningkatkan rasa simpatik kita terhadap orang lain. Terlebih lagi kepada mereka yang masih berada jauh di bawah kita.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN