Mohon tunggu...
Lia M. Rahmalia
Lia M. Rahmalia Mohon Tunggu... Guru - Guru TK

Seorang guru TK yang senang membaca dan menulis.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Manfaat Bermain Balok-Balok bagi Anak Usia Dini

1 Desember 2022   11:16 Diperbarui: 1 Desember 2022   11:28 157
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto: Dokumen Pribadi

Sebagai orang tua kadang-kadang kita terkesima dengan kemampuan anak dalam berkreasi dan berimajinasi yang tidak pernah kita perkirakan sebelumnya.

Seperti pada saat anak diberi kebebasan bermain dengan balok-balok. Tanpa dikomando atau diberi pengarahan apapun, ternyata anak-anak usia TK atau anak usia dini dapat membuat kreasi sesuai imajinasinya di luar ekspektasi kita.

Tugas kita sebagai orang tua atau guru tinggal memberikan fasilitas, motivasi serta sedikit penjelasan supaya balok-balok tersebut tidak digunakan untuk hal-hal yang dapat membahayakan dirinya sendiri atau orang lain.

Untuk lebih jelasnya, merangkum dari berbagai sumber, ada beberapa manfaat bagi anak dari bermain balok-balok tersebut di antaranya :

1.Melatih Kemampuan Motorik Kasar dan Halus

Pada saat anak bermain balok-balok, anak akan bergerak, baik bergeser, merangkak atau meregangkan otot. Begitu pula ketika menggunakan tangan dan jari-jarinya. Sehingga kemampuan motorik halusnya pun akan terlatih.

2. Mengasah Kemampuan Penalaran Spasialnya

Dengan bermain balok-balok, secara tidak langsung anak akan menyusun, mencocokkan, mengatur arah, mengatur bentuk dan ruang. Untuk itu penalaran spasialnya pun jadi terasah.

3. Meningkatkan Koordinasi Tangan dan Mata Anak

Dalam bermain balok-balok anak akan mengambil dan menempatkannya sesuai keinginan mereka. Dengan begitu secara tidak langsung koordinasi tangan dan matanya akan terkontrol dengan cara sentuhan dan penglihatan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun