Matematika berasal dari bahasa latin mathanein atau mathema yang berarti " belajar atau hal yang dipelajari" sedang dalam bahasa belanda matematika disebut sebagi wiskunde atau ilmu pasti yang kesemuannya berkaitan dengan penalaran. Hal ini sesuai dengan pendapat Supardi dalam Leonard (2017: 33) mengungkapkan bahwa matematika adalah ilmu pengetahuan eksak yang berhubugan dengan logika, penalaran, bilangan, operasi hitungan, konsep-konsep abstrak dan fakta-fakta kuantitatif berupa pola bentuk ruang, serta dapat menimbulkan suatu pola pikir yang masuk akal dan berguna untuk mengatasi berbagai persoalan dalam kehidupan sehari-hari.Â
Matematika merupakan ilmu pasti, tetapi matematika merupakan salah satu pelajaran yang banyak tidak diminati oleh siswa, mengapa demikian ? Karena menurut sebagian siswa matematika adalah pelajaran yang dinilai susah dan membosankan. Ada berbagai macam cara untuk meningkatkan belajar matematika, yaitu salah satunya dalam aspek afektif yang perlu diperhatikan untuk menunjang keberhasilan belajar siswa adalah kecerdasan intrapersonal.
Apa yang dimaksud dengan kecerdasan intrapersonal?
Kecerdasan intrapersonal Menurut sujino (2009), kecerdasan intrapersonal adalah kemampuan diri kita untuk berpikir reflektif,yaitu mengacu kepada kesadaran reflektif mengenai perasaan dan proses pemikiran diri sendiri. Adapun kegiatan yang mencangkup kecerdasan ini ialah berpikir, meditasi, bermimpi, berdiam diri, mencanangkan tujuan, refleksi, merenung, membuat jurnal, menilai diri, waktu menyendiri, proyek yang dirintis sendiri, dan menulis intropeksi.
Hal serupa dikemukakan oleh Campbell ( musfiroh, 2008) bahwa kecerdasan intrapersonal merupakan kecerdasan dunia batin, yaitu kecerdasan yang bersumber pada pemahaman diri secara menyeluruh guna menghadapi, merencanakan, dan memecahkan berbagai persoalan.Suryadi juga berpendapat ,(Suryadi.2006:48) "Kecerdasan intrapersonal adalah kemampuan diri kita untuk berfikir secara reflektif, yaitu mengacu pada kesadaran reflektif mengenai perasaan dan proses pemikirn diri sendiri".Â
Biasanya kegiatan yang termasuk kecerdasan ini seperti berpikir, merancang tujuan, refleksi merenung, menulis diary, menilai diri, intropeksi, dan sebagainya. Jadi kesimpulannya kecerdasan intrapersonal merupakan kecerdasan seseorang dalam memahami siapa dirinya secara mendalam. Memahami apa yang sedang dirasakan, yang bersumber pada pemahaman diri secara menyeluruh guna menghadapi, merencanakan, dan memecahkan berbagai persoalan yang dihadapi. Menurut Dickinson (2007: 203) sifat-sifat kecerdasan intrapersonal ada berbagai macam , yaitu sebagai berikut:
- Sadar akan wilayah emosinya.
- Menemukan cara-cara dan jalan keluar untuk mengekpresikan perasaan dan pemikirannya.
- Mengembangkan model diri yang akurat.
- Termotivasi untuk mengidentifikasi dan memperjuangkan model diri yang akurat.
- Membangun dan hidup dengan suatu sistem nilai etik (agama).
- Bekerja mandiri.
- Penasaran akan "pertanyaan besar" tentang makna kehidupan, relevansi, dan tujuannya.
- Mengatur secara kontinu pembelajaran dan perkembangan tujuan personalnya.
- Berusahan mencari dan memahami pengalaman "batinnya" sendiri.
- Mendapatkan wawasan dalam kompleksitas diri dan eksistensi manusia.
- Berusahan untuk mengaktuaslisasikan diri.
- Memberdayakan orang lain (memiliki tanggung jawab kemanusiaan).
Bagai mana cara meningkatkan kecerdasan intrapersonal siswa dalam pembelajaran matematika?
     Dengan meningkatkan kecerdasan intrapersonal siswa bisa mengetahui dan paham akan apa kelebihan dan kekurangan yang ada pada dirinya, sehingga dalam mengerjakan soal matematika siswa menjadi lebih percaya diri untuk menjawab soal dan bisa memecahkan persoalan yang ada pada soal matematika dengan caranya sendiri. Gardner (2010:109) berpendapat bahwa ada beberapa cara untuk meningkatkan kecerdasan intrapersonal anak didik kita, yaitu:
- Membuat catatan harian
- Membuat rencana harian
- Evaluasi
- Instal ulang pikiran bawah sadar
     Berdasarkan uraian diatas, mengasah kemampuan kecerdasan intrapersonal meupakan hal yang penting dilakukan oleh siswa untuk memperdalam ilmu pembelajaran matemtika. Dlam mendalami kecerdasan matematika siswa juga dapat memperkuat kepercayaan dirinya untuk mengerjakan soal sendiri tanpa terpengaruh oleh jawaban orang lain. Dengan memperdalam kecerdasan intrapersonal dalam belajar matematika jg otomatis siswa bisa menyukai pelajaran matematika juga.
Daftar Pustaka :
http://fatkhan.web.id/pengertian-dan-cara-meningkatkan-kecerdasan-intrapersonal/