Mohon tunggu...
Leyla Imtichanah
Leyla Imtichanah Mohon Tunggu... Novelis - Penulis, Blogger, Ibu Rumah Tangga

Ibu rumah tangga dengan dua anak, dan penulis. Sudah menerbitkan kurang lebih 23 novel dan dua buku panduan pernikahan.

Selanjutnya

Tutup

Worklife

Menjadi Blogger Profesional berkat Internet

3 Juli 2022   08:47 Diperbarui: 3 Juli 2022   08:48 109
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto: dokumen pribadi

Blogger? Profesi apakah itu? 

Ketika dalam perjalanan ke sebuah acara blogger, saya ditanya oleh supir taksi online tentang pekerjaan saya dan beliau kebingungan mendengar jawaban saya. Profesi blogger memang belum familiar di pikiran kebanyakan orang. Saya pun dulu tidak pernah bercita-cita menjadi blogger. Cita-cita saya menjadi penulis. Cita-cita itulah yang mengiring saya menjadi blogger. 

Padahal, bisa jadi setiap hari kita berhubungan dengan blogger. Saat sedang mencari ulasan produk yang ingin kita beli, makanan dan restoran yang ingin kita datangi, cerita dan pengalaman orang lain di tempat wisata yang akan kita kunjungi, resensi  buku dan film-film seru untuk ditonton, serta hal-hal lainnya yang ingin kita ketahui dari internet, kita akan membuka situs pencarian seperti google. 

Siapa yang memberikan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut di atas? Selain media online, tentu saja tulisan bloggerlah yang memberikan jawabannya. Malah tulisan blogger itu terasa lebih dekat dengan kita, karena ditulis menggunakan bahasa keseharian. Bahasanya tidak kaku seperti di media online. Pengalaman yang dituliskan juga nyata, karena berdasarkan pengalaman mereka sendiri. 

Profesi itulah yang saya geluti belasan tahun terakhir. Berawal dari keinginan menyimpan tulisan-tulisan saya  yang pernah dimuat di majalah. Saya membuat sebuah blog. Tak hanya memuat arsip tulisan di masa lalu, saya juga iseng-iseng mencoba mengikuti lomba blog. Tak disangka saya menjadi juara dan ketagihan mengikutinya. Entah sudah berapa juta rupiah yang saya dapatkan dari blog. 

Saya pun mengisi blog dengan tulisan cerita keseharian seperti pengalaman wisata, resensi buku dan film, curahan hati, dan lain-lain. Rupanya itu membuat blog saya makin banyak pengunjung dan akhirnya mendapatkan sponsored post. Saya mendapatkan bayaran dari klien yang ingin produknya diulas atau menitipkan backlink ke websitenya. Saya berhasil menjadikan blogger sebagai profesi. 

Tentunya untuk sampai ke sana butuh kerja keras. Konsisten menulis adalah kuncinya. Jangan menjadi blogger hanya karena mendapatkan bayaran. Kita tetap harus menulis meskipun tidak dibayar, karena blog harus terus dirawat agar bagus. Kalau blognya didiamkan saja, ya akan turun performanya dan sponsor pun tidak akan datang. 

Supaya bisa konsisten menulis di blog, koneksi internet harus bagus dan jangkauannya luas. Manfaat internet untuk mengembangkan profesi blogger sangatlah penting. Apalah daya seorang blogger tanpa kehadiran internet. Pilihlah provider internet yang bisa mengakomidir kebutuhan ngeblog. 

IndiHome dari Telkom Indonesia menjadi pilihan banyak blogger untuk mendukung akses internet yang luas dan cepat, sehingga aktivitas ngeblog pun berjalan lancar.

Berbekal internetnya Indonesia, kita bisa menggeluti profesi blogger dengan maksimal dan memiliki penghasilan tambahan.  

Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun