Mohon tunggu...
Levi Nina
Levi Nina Mohon Tunggu... wiraswasta -

Tracht gut, vet zein gut ( Yiddish language)“Think good, and it will be good.” Fighting evil is a very noble activity when it must be done. But it is not our mission in life. Our job is to bring in more light.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Bangsa Khazar Tak Pernah Masuk Menjadi Yahudi

8 Juli 2014   11:27 Diperbarui: 4 April 2017   18:30 2056
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Akhir akhir ini cukup banyak penulis kompasiana yang menulis tentang calon presiden RI. Walaupun ngin ikut menulis tentang ini, tetap lebih baik tidak. Atau akan beranggapan kalau calon presiden RI berkiblat ke Israel ataupun Yahudi. Baru baru ini saya membaca tulisan bangsa Khazar dari salah seorang peneliti pada universitas Hebrew di Jerusalem.

Tulisan  bahwa bangsa Khazar, orang Asia Tengah, menjadi orang-orang Yahudi selama abad kesembilan atau kesepuluh diterima secara luas. Tapi setelah analisis lengkap bukti, Universitas Ibrani Yerusalem peneliti Prof Shaul Stampfer telah menyimpulkan  tidak pernah terjadi.

Prof Shaul Stampfer adalah merupakan Profesor yang meneliti  Yahudi Soviet dan Eropa Timur , di departemen Sejarah Orang Yahudi pada  Universitas Ibrani (Hebrew)  Mandel Institut Studi Yahudi. Penelitian ini baru saja diterbitkan dalam jurnal Ilmu Sosial Yahudi, Vol. 19, No 3 (online di http://bit.ly/khazars).

Dari sekitar tujuh sampai abad kesepuluh, Khazar memerintah sebuah kerajaan yang mencakup stepa antara Kaspia dan Laut Hitam. Tidak banyak yang diketahui tentang budaya Khazar dan masyarakat: mereka tidak meninggalkan warisan sastra dan temuan arkeologis . Bangsa Khazar  diserbu oleh Svyatoslav Kiev sekitar tahun 969, dan setelah itu hanya sedikit terdengar  tentang bangsa Khazar. Namun keyakinan luas bahwa Khazar atau pemimpin mereka masuk agama Yahudi terus berlanjut.

Laporan tentang Keyahudian dari Khazar pertama kali muncul dalam karya-karya Muslim pada akhir abad kesembilan . Cerita di percaya  yang lebih luas ketika seorang Yahudi  berpendidikkan tinggi bernama Yehudah Halevi menulis tentang bangsa Khazar  untuk bukunya The Kuzari. Sedikit perhatian teantang bangsa Khazar ditemukan  abad berikutnya, tetapi koleksi utama dari sumber Yahudi tentang bangsa Khazar muncul pada tahun 1932   ditulis oleh sarjana Ukraina Ahatanhel Krymskyi. Henri Gregoire menerbitkan kritik skeptis terhadap sumber, tetapi pada tahun 1954 Douglas Morton Dunlop membawa topik ke dalam arus utama menerima beasiswa sejarah dengan Sejarah Khazar Yahudi. Arthur Koestler terlaris The Thirteenth Tribe (1976) membawa cerita tersebut kepada khalayak yang lebih luas Barat, dengan alasan bahwa Eropa Timur Ashkenazi Yahudi sebagian besar dari Khazar.

Banyak penelitian telah dilakukan, dan tulisan dari pada   non-akademik yang cukup besar; misalnya, Shlomo Sand tahun 2009 buku terlaris, The Invention of Orang Yahudi, mengajukan tesis bahwa Khazar menjadi Yahudi dan banyak dari Eropa Timur Yahudi adalah keturunan dari Khazar. Namun, meskipun tidak ada sistematis bukti untuk pembenaran hal ini.

Prof . Stampfer mencatat bahwa para calon  sarjana yang telah memberikan kontribusi untuk subjek berdasarkan argumen mereka pada korpus terbatas tekstual dan bukti numismatik. Bukti fisik yang kurang: arkeolog menggali di tanah Khazar telah menemukan hampir tidak ada artefak atau batu kuburan menampilkan simbol-simbol Yahudi . Dia juga mengkaji berbagai bukti kunci yang telah dikutip dalam kaitannya dengan kisah konversi, termasuk catatan sejarah dan geografis, serta bukti dokumenter. Di antara artefak kunci pertukaran  surat antara Spanyol pemimpin Yahudi   yaitu Hasdai ibn Shaprut dan Joseph, raja Khazar adalam sejarah nyata dari Khazar, sering disebut Dokumen Cambridge atau Dokumen Schechter; berbagai uraian oleh para sejarawan menulis dalam bahasa Arab.  Banyak dari teks-teks kontemporer yang dapat diandalkan, seperti laporan rinci dari Sallam Interpreter, yang diutus oleh Khalifah al-Watsiq di 842 untuk mencari dinding mitos Alexander; dan surat patriark Konstantinopel, Nicholas, yang ditulis sekitar 914 yang menyebutkan Khazar,  tidak ada keterangan tentang Khazar menjadi Yahudi .

Mengutip tidak adanya sumber terpercaya untuk cerita konversi, dan kurangnya penjelasan yang kredibel untuk sumber yang terpercaya , Prof  Stampfer menyimpulkan bahwa jawaban yang paling sederhana dan paling meyakinkan adalah bahwa Khazar  menjadi Yahudi adalah legenda tanpa dasar faktual. Tidak pernah ada convert raja Khazar atau elit Khazar.

Dalam hal implikasi historisnya, Stampfer mengatakan kurangnya secara kredibel berarti bahwa sejarah  Yahudi Rusia dan Khazar harus ditulis ulang. Jika tidak pernah ada convert, sejarah  pengaruh Yahudi pada awal Rusia dan hubungan dengan Yahudi harus di tulis ulang.

Stampfer menggambarkan  legenda convert  Khazar sebagai aplikasi menarik dari tesis Thomas Kuhn tentang revolusi ilmiah untuk penelitian sejarah.

Stampfer menyimpulkan, bahwa kisah seorang Khazar raja yang menjadi saleh dan percaya Yahudi adalah cerita semata.  Namun, menurut pendapatnya, Ada banyak alasan mengapa cerita tentang bangsa Khazar perlu tulis ulang hal ini  untuk membedakan antara fakta dan fiksi .

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun