Mohon tunggu...
Lestyo Haryanto
Lestyo Haryanto Mohon Tunggu... Lainnya - Seorang pembelajar yang menulis apa saja

Seorang karyawan yang mempunyai hobi menulis. Sebuah tulisan baginya adalah cara untuk berbagi dengan orang lain. Ketika orang lain terispirasi dengan tulisan, ia sudah senang dan bahagia. Penulis empat buku solo dan kontributor puluhan antologi berbagai genre.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Ingin Sembuh dari Luka Hati? Ikuti 5 Langkah Menyembuhkan Luka Hati Berikut Ini

10 September 2021   12:36 Diperbarui: 10 September 2021   13:20 114 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Menurut portal alodokter.com, luka hati merupakan sesuatu yang susah diantisipasi dan merupakan efek alamiah akibat tidak mampu mengontrol perasaan. 

Luka hati bisa terbentuk saat seseorang yang disayangi pergi, perceraian, cinta tak berbalas, gagal dalam melakukan sesuatu, atau masalah lain di dalam kehidupan.  Luka hati timbul sebagai tanda ketulusan pada sesuatu yang seseorang miliki atau jalani.

 Luka hati kalau dibiarkan akan menimbulkan gangguan pada kesehatan, oleh karena itu perlu disembuhkan dengan beberapa cara, yaitu:

 

Pexels
Pexels
  • Menerima Kenyataan.

Ini merupakan langkah paling awal yang harus dilakukan, yaitu menerima kenyataan bahwa terkadang apa yang terjadi tidak sesuai dengan kenyataan yang kita inginkan.  Terkadang kita menginginkan sesuatu tidak terjadi tetapi malah terjadi, begitu sebaliknya.  

Menerima kenyataan bahwa kita tidak bisa mengatur segala sesuatu terjadi pada diri kita sedikit banyak membantu kita segera sembuh dari luka hati.  Secara umum kita bisa mengatakan bahwa apa yang terjadi pasti atas kehendak Tuhan.  Tuhan yang mengatur semuanya dan kita tahu rancangan-Nya itu yang terbaik bagi kita.  Kita harus cepat move on dari kenyataan yang tidak sesuai dengan apa yang kita inginkan untuk terus maju ke depan.

 

Pexels
Pexels
  • Stop Mencari Informasi Tentangnya.

Ada hal lucu yang seringkali kita lakukan ketika kita terkena masalah karena seseorang yaitu kita malah semakin ingin tahu orang itu.  Ketika kita disakiti oleh seseorang misalnya saja oleh pasangan, teman, atau siapa pun, terkadang kita malah penasaran terhadap hidup orang itu.  

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan