Mohon tunggu...
Lesterina Purba
Lesterina Purba Mohon Tunggu... Penulis

Hidup hanya sebentar perbanyaklah kebaikan

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Nilai Moral Terkandung dari Cerita Rakyat Lutung Kasarung

10 Januari 2021   09:55 Diperbarui: 10 Januari 2021   10:15 642 20 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Nilai Moral Terkandung dari Cerita Rakyat Lutung Kasarung
dongengceritarakyat.com

Awal Tahun 2021 masih di rumah saja. Dengan bertambahnya penularan virus covid 19 wacana terbaru akan diberlakukan lockwdon. Harapan kita semoga segera berlalu.

Folklore atau Cerita Rakyat adalah cerita rakyat yang diceritakan secara turun temurun. Cerita rakyat dari Kebumen  Jawa Tengah.

Kisah cerita mengisahkan tentang kerajaan. Isinya perebutan kekuasaan dengan paksa oleh saudaranya sendiri.
Seorang putri yang cantik jelita memiliki paras yang rupawan, selain itu memiliki kebaikan hati dan suka menolong. Putri Purbasari diangkat oleh Prabu Tapa Agung untuk menggantikan dirinya memimpin kerajaan Pasir Batang. 

Sang Raja yang seharusnya memberikan tahtanya ke anak sulung malah beralih ke si bungsu. Anak sulung Purbararang memiliki sifat jelek. Sangat kasar dan sombong, kejam dan iri hati.

Setelah dia mengetahui bahwa Purbasari yang menjadi raja dia mencari nenek sihir agar berubah menjadi jelek. Setelah disembur menjadi wanita jelek serta borokan. Akhirnya ada alasan Purbararang untuk mengusir Purbasari keluar dari kerajaan. 

Disaat yang sama pangeran Guruminda dari khayangan tidak mau dijodohkan. Dia lebih memilih mencari jodohnya yang sangat mirip dengan ibunya. Sunan Ambu ibunya menyetujui keinginan putranya untuk mencari istri. Yang mengharuskan pangeran turun ke bumi. Tetapi dengan syarat harus berubah wujud menjadi Lutung Kasarung. Lutung Kasarung atau seekor monyet.

Lutung Kasarung mengetahui perilaku ratu Purbararang. Dia mendatangi kerajaan tersebut dan membuat kerusuhan di sana. Akhirnya Lutung Kasarung di buang ke hutan di tempat Purbasari di buang. Biar Purbasari dibinasakan oleh Lutung Kasarung yang menurutnya buas. 

dongengceritarakyat.com
dongengceritarakyat.com
Setelah Lutung Kasarung diantar ke hutan. Sang pengawal berpesan agar menjaga Purbasari yang seharusnya menjadi ratu di kerajaan Pasir Batang. Pengawal merasa aneh bahwa ada yang lain dengan Lutung Kasarung.

Setelah mereka bertemu Purbasari dan Lutung Kasarung. Mereka berdua jatuh cinta. Cinta Purbasari tidak memandang rupa dan fisik. Dia merasa dilindungi dan diperhatikan.

Pesan moral yang disampaikan dari cerita rakyat Lutung Kasarung antara lain:

1. Kekuatan jahat bisa dikalahkan dengan keberanian dan kejujuran.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN