Mohon tunggu...
Leony Agustina Mustikasari
Leony Agustina Mustikasari Mohon Tunggu... Lainnya - Ibu rumah tangga

Hobi menulis.

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Menjadi Pribadi Insiatif dalam Bekerja

27 Oktober 2022   09:28 Diperbarui: 27 Oktober 2022   09:38 90
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Worklife. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Sebagai pekerja, kita selalu ingin sekali kita menjadi pribadi yang inisiatif. Apa itu Inisiatif? Inisiatif adalah kemampuan individu dalam menghasilkan sesuatu yang baru atau asli atau suatu pemecahan masalah. Sedangkan menurut Suryana salah seorang ahli adalah kemampuan mengembangkan ide dan cara- cara baru dalam memecahkan masalalah  dan menemukan ide dan cara-cara baru dalam memecahkan masalah dan menemukan peluang. 

Seorang pribadi inisiatif ini sangat diperlukan oleh perusahaan, sebab perusahaan membutuhkan sebuah ide baru karyawan agar perusahaan dapat menyelesaikan masalah dari pemikiran baru dari seorang karyawan, dan menciptakan peluang baru untuk perusahaan. 

Biasanya pribadi yang inisiatif mereka adalah seseorang yang selalu memiliki jalan keluar dari setiap masalah dalam sebuah pekerjaan, setiap masalah dianggap sebuah tantangan untuk dirinya sendiri agar bisa memecahkan masalah di perusahaan. Seorang pribadi Inisiatif cukup memiliki banyak akal serta tak pernah berhenti belajar mengasah intusinya untuk berpikir lebih maju satu langkah dibandingkan dengan yang lainnya sebagai pemecah masalah yang ada di dunia kerja. 

Cara menjadi pribadi inisiatif dalam bekerja adalah :

 1.   Membangun rasa percaya diri. 

Sebagai karyawan kita harus memiliki rasa percaya diri dalam mengambil keputusan. Latar belakang seseorang yang percaya diri dalam mengambil keputusan,  ada dalam diri kita yaitu  mengasah kemampuan kita yang secara maksimal dalam bekerja, dapat menciptakan hasil kerja bagus sehingga ini menimbulkan inisiatif kita juga dalam bekerja. 

2. Mencoba hal baru. 

Mencoba cara-cara baru atau hal baru dalam penyelesaian masalah dalam bekerja, adalah sikap yang biasanya digunakan oleh para pribadi inisiatif, mereka selalu menghasilkan ide-ide baru dalam setiap masalah yang dihadapinya. Bagi Pribadi inisiatif adalah semacam tantangan, masalah yang sama tapi pemecahan yang berbeda kemungkinan hasilnya akan berbeda, atau bahkan menjadi lebih baik dari pemecah masalah sebelumnya, jika ingin berhasil seperti itu perlu penguasaan pekerjaan dan kedetailan didalam pola pikir pribadi inisiatif dalam bidang pekerjaan. 

3. Memiliki rencana kerja. 

Pribadi Inisiatif selalu memiliki rencana kerja secara detail, serta memiliki antisipasi jika caranya tidak sesuai rencana, dan setiap masalah dalam pekerjaannya dapat diselesaikan dengan cepat. Dalam memiliki rencana kerja, pribadi inisiatif ini banyak membaca jurnal-jurnal yang berkaitan dengan pemecahan masalah di dalam perusahaan, sehingga kita dapat memberikan inisiatif setiap masalah yang tengah kita hadapi sebab kita telah memiliki ilmu yang banyak dalam penghadapi masalah tanpa bingung apa yang akan kita kerjakan di lapangan. 

4. Punya rasa tanggung jawab.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun