Mohon tunggu...
Leonardo De Chanell
Leonardo De Chanell Mohon Tunggu... Mahasiswa S1 Hospitaliti dan Pariwisata Angkatan 2017

Mahasiswa Penerima Beasiswa Unggulan Kemendikbud Program Transfer Kredit Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti dan Burapha Business School, Program Studi S1 Hospitaliti dan Pariwisata Angkatan 2017.

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Ghosting dan Cara Mengatasinya!

8 Maret 2021   19:08 Diperbarui: 8 Maret 2021   19:48 117 6 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ghosting dan Cara Mengatasinya!
Sumber: Unsplash

Budaya Ghosting bagi warganet merupakan hal yang sudah sangat lumrah dan sering ditemukan dalam keseharian. Tapi apa itu sebenarnya Ghosting?

Menurut Oxford Languages:

"Ghosting, The Practice of ending a personal relationship with someone by suddenly and without explanation withdrawing from all communication."

Yep! Alias menghilang tanpa penjelasan layaknya hantu. Tentunya alasan terjadinya fenomena ini sangat beragam, karena percakapan yang dilakukan setiap hari bisa menyebabkan kejenuhan, topik pembicaraan yang monoton, atau bisa juga dikarenakan hal - hal lain seperti adanya sifat atau kebiasaan yang baru saja diketahui sehingga membuat seseorang ilfeel dan menarik diri dari hubungan, hingga ketidakcocokan yang mulai terbangun dan memuncak.

Biasanya, orang yang melakukan budaya ghosting ini merupakan orang yang tidak ingin menyakiti perasaan lawan bicaranya dalam sebuah hubungan namun malah membuat orang lain merasa bingung dan bertanya - tanya apa kesalahan mereka, tidak jarang sampai membuat overthinking dan depresi.

Ada baiknya ketika memiliki hubungan yang cukup intens dengan orang lain, selalu memberikan alasan dan tidak menghilang tiba - tiba ya! Terkadang kejujuran yang menyakitkan jauh lebih baik dibandingkan dengan menghilang tanpa alasan.

Sumber: Unsplash
Sumber: Unsplash

Lalu bagaimana mengatasi perasaan ketika kita di-ghosting oleh seseorang? Simak beberapa tips berikut!

1. Selalu Menerapkan Zero Expectation

Mungkin hal ini agak sulit dan perlu dilatih, tapi jika kita tidak mengharapkan apapun atau selalu menghilangkan ekspektasi, niscaya ketika seseorang meng-ghosting kamu, tidak akan terasa menyedihkan karena dari awal kamu tidak mengharapkan apapun! Tanpa ekspektasi apapun, kamu jadi lebih menghargai hal - hal yang dilakukan doi sekecil apapun itu! Tapi perlu dicatat bahwa tidak mengharapkan apapun dari orang lain bukan berarti kita menjadi orang yang pasif ya!

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x