Mohon tunggu...
Leon Bhagawanta Cahyono
Leon Bhagawanta Cahyono Mohon Tunggu... Lainnya - Penulis Sepakbola

Penulis olahraga khususnya sepakbola dan badminton

Selanjutnya

Tutup

Music Pilihan

NewJeans, Sensasi Baru Korea Selatan

13 Januari 2023   14:46 Diperbarui: 13 Januari 2023   16:46 1938
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
NewJeans (Foto oleh SBS Radio)

Pada 22 Juli 2022, jagat musik K-Pop diramaikan dengan kehadiran rookie baru di bawah naungan HYBE dan Min Hee-jin yang membentuk agensi bernama ADOR Entertainment. Grup ini adalah NewJeans yang beranggotakan Minji, Hanni, Danielle, Haerin, dan Hyein dan debut dengan lagu berjudul 'Attention'. Lagu-lagu di dalam mini album ini menjadi sensasi dalam waktu singkat dan membawa NewJeans menjadi Monster Rookie yang menyapu habis jagat musik Korea.

Tidak lama setelah debut, NewJeans kembali dengan single pre-rilis berjudul 'Ditto' dan lagu ini membuat NewJeans mengalami peningkatan sangat pesat khususnya dengan peringkat di tangga musik Korea. Ditto sukses meraih Perfect All-Kill (PAK) dan mampu mempertahankannya selama 394 jam dan masih bisa bertambah lagi. Rekor 394 jam ini menjadikan lagu Ditto milik NewJeans grup dengan jumlah jam PAK tertinggi di antara girlgroup lainnya dan secara keseluruhan berada di peringkat 3 di bawah lagu 'Celebrity' milik IU (462 jam) dan 'Dynamite' milik BTS (610 jam)

Untuk penjelasan singkatnya, Perfect All-Kill adalah gelar yang disematkan kepada sebuah lagu apabila menempati peringkat 1 di chart real time (waktu terkini), daily (harian), dan weekly (mingguan) dalam Instiz iChart yang merupakan gabungan dari beberapa layanan streaming musik Korea Selatan yaitu Melon, Genie, Bugs!, Vibe, Flo (Flo hanya memiliki chart real time), dan YouTube Music (YouTube Music hanya memiliki chart mingguan).

Dalam torehan All-Kill ada beberapa kategori/peringkat. Yang pertama adalah Real-Time All Kill (RAK) yang berarti sebuah grup meraih peringkat 1 di seluruh tangga lagu real time. Kemudian ada Certified All Kill (CAK) yang artinya adalah sebuah grup meraih peringkat 1 di seluruh tangga lagu baik di chart real time dan chart daily. 

Terakhir, prestasi tertinggi dalam All Kill adalah Perfect All Kill (PAK) di mana sebuah lagu mampu menjadi peringkat 1 di chart real time, daily, dan weekly pada layanan streaming yang disebutkan sebelumnya. Sehingga prestasi Perfect All Kill jelas menjadi prestasi yang dapat dibanggakan bagi sebuah grup apalagi jika grup tersebut relatif masih baru.

Torehan Perfect All Kill 'Ditto' nya NewJeans menegaskan hegemoni NewJeans sebagai monster rookie dan menjadikan mereka kandidat terkuat untuk menjadi pemimpin K-Pop di generasi ke-4 ini.

Hal ini menjadikan NewJeans grup yang sangat menarik. Kira-kira kenapa NewJeans bisa menjadi sangat sukses? Mari kita breakdown pada pembahasan di bawah ini.

ADOR Entertainment, agensi arahan Min Hee-jin yang menaungi NewJeans (Credit: google.com (pattayathailand))
ADOR Entertainment, agensi arahan Min Hee-jin yang menaungi NewJeans (Credit: google.com (pattayathailand))

Pertama, kombinasi antara HYBE dan Min Hee-jin yang boleh dibilang sangat kreatif dan ahli dalam hal marketing. Min Hee-jin memang sosok yang luar biasa kreatif. Ia berpengalaman sebagai art director SM Entertainment dan berurusan dengan perencanaan dan produksi album artwork meliputi album, MV, kostum, dan identitas artis. Hal yang istimewa dari Min Hee-jin adalah keberaniannya untuk bereksperimen dan menciptakan konsep yang sangat unik bisa dilihat dari pekerjaan artwork nya saat menangani Girls Generation (SNSD), SHINee, f(x), EXO, dan Red Velvet. 

Kreatifitas luar biasa Min Hee-jin pun juga ditunjukan dari konsep NewJeans sendiri yang menjadikan grup ini bergaya retro namun tetap modern seperti nama grupnya. NewJeans kalau saya tidak salah ingat memiliki artian bahwa celana jeans merupakan sebuah item fashion yang retro namun tetap tidak pernah ketinggalan jaman/gaya sehingga NewJeans yang secara harafiah artinya adalah sebuah style yang retro dan tidak lekang oleh waktu serta akan selalu terasa baru sehingga NewJeans tidak akan pernah usang. Konsep keren NewJeans ini dibuktikan dengan gaya MV, pakaian, dan lagu yang memang bergaya Y2K.

Tidak hanya kreatif, Min Hee-jin juga disebut sebagai sosok kontroversial karena ia dicap seringkali mendebutkan minor (orang yang usianya masih di bawah usia kerja/masih remaja) hal ini terlihat dari debutnya Taemin di SHINee, Krystal dan Sulli di f(x), serta Yeri di Red Velvet. Uniknya lagi, pasca keluarnya Min Hee-jin, SM tidak pernah lagi mendebutkan minor dalam grup terbarunya.

Namun, cap tersebut sepertinya tidak salah mengingat saat mendebutkan NewJeans, lagi-lagi seluruh membernya dapat dibilang masih minor di mana member tertuanya yaitu Minji dan Hanni lahir di tahun 2004, sedangkan Danielle kelahiran 2005, Haerin 2006, dan sang maknae Hyein 2007. Debutnya NewJeans pun sempat membuat kehebohan mengingat usia membernya masih sangat muda.

Kedua, lagu yang boleh dibilang sangat istimewa. Lagu yang dirilis oleh NewJeans memiliki gaya yang unik. Kenapa unik? Keunikan lagu NewJeans ini karena lagu yang dibawakan mengusung gaya Y2K atau style-style lagu yang rilis di tahun 2000-an awal dikombinasikan dengan gaya yang lebih modern.

 Jika kalian merupakan pendengar lagu Korea tahun 2000-an pasti akan merasakan bahwa lagu NewJeans terasa familiar dan enak untuk didengarkan. Untuk yang tidak mengetahui musik di tahun tersebut pun merasakan bahwa musik NewJeans sendiri enak untuk dinikmati karena tidak memiliki instrumen yang keras dan berisik tidak seperti lagu-lagu K-Pop pada umumnya yang memang cenderung ke arah musik modern (seperti Le Sserafim yang memang musiknya tidak seberisik itu). Kombinasi yang cemerlang ini menjadikan NewJeans mampu untuk memikat telinga dari berbagai kalangan baik yang sudah berusia tua maupun yang masih muda. 

Hasil dari kombinasi yang cemerlang ini pun tampak di mana lagu-lagu NewJeans mampu menguasai chart musik Korea Selatan dengan puncaknya 'Ditto' yang merengkuh Perfect All-Kill selama 394 jam. 

Tidak hanya itu, lagu 'Attention' pun mendapatkan gelar Digital Song Bonsang di Golden Disc Awards dan Top 20 Songs of the Year (Overseas) di Asian Pop Music Awards. Selain itu, 'Attention' dan 'Hype Boy' pun masuk ke dalam nominasi dalam berbagai penghargaan. Kesuksesan lagu-lagu rilisan NewJeans ini menjadi pengingat tersendiri bahwa lagu yang mampu dicintai banyak orang menjadikan sebuah grup merengkuh kesuksesan yang besar karena pada akhirnya hal yang akan mampu diingat oleh berbagai orang dari beragam generasi adalah audio/lagu itu sendiri.

Ketiga, koreo yang boleh dibilang sederhana. Tidak seperti grup-grup lain yang menunjukkan koreo yang terbilang ribet, koreografi dari NewJeans ini terbilang simpel namun tetap tampak fancy khususnya untuk lagu 'Hype Boy'. Koreo yang dapat dibilang sederhana ini menjadikan lagu-lagu NewJeans mampu ditarikan oleh berbagai orang dan menjadikan NewJeans menjadi lebih mudah viral mengingat di jagat K-Pop, tarian sudah menjadi sebuah hal yang boleh dibilang inti dari K-Pop. 

Kesuksesan ini pun menemukan ganjaran dalam bentuk award tertinggi dalam sebuah penghargaan musik Korea Selatan yaitu Daesang di mana NewJeans sukses meraih Daesang di kategori Performance of the Year di Asia Artist Awards 2022.

Terakhir, tidak kalah penting adalah peranan visual. Member NewJeans menerima banyak cinta dari penggemar dan non-fans tidak hanya karena lagu yang easy listening melainkan juga karena visual member yang kuat. Hebatnya lagi, ke 5 member ini memiliki visual yang sama kuatnya. Minji dengan visual dan aura yang layaknya aktris, Hanni dengan visual yang imut (visual ala idol yang vibenya cute), Danielle dengan visual bergaya western (sehingga banyak memiliki fans baik domestik maupun internasional), Haerin dengan visual seperti kucing (visual ala idol yang keren/cool), dan Hyein yang memiliki vibe dan visual layaknya seorang model.

Teaser OMG NewJeans (Instagarm @newjeans_official)
Teaser OMG NewJeans (Instagarm @newjeans_official)

Akhir kata, kombinasi antara taktik marketing dan creative art ala HYBE dan NewJeans, lagu dan koreo yang ramah bagi orang-orang dari berbagai usia, dan visual yang kuat menjadikan NewJeans sebagai monster rookie yang menelurkan prestasi menonjol di usia yang terbilang singkat (belum 6 bulan sejak debut). Hal ini tentu menjadikan NewJeans salah satu grup yang memiliki masa depan yang cemerlang serta berpotensi menjadi pemimpin di generasi 4 K-Pop selama grup ini jauh dari kontroversi. Menarik untuk dilihat perjalanan NewJeans ke depannya dan prestasi apa lagi yang dapat ditorehkan oleh NewJeans ke depannya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Music Selengkapnya
Lihat Music Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun