Mohon tunggu...
Leonardo Sandan
Leonardo Sandan Mohon Tunggu... profesional -

Hanya seorang biasa yang hobi menelaah berbagai peristiwa di sekelilingnya. Pecinta dunia Foto & Film (aktif) yang sangat hobi membaca serta keluyuran di dunia maya.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Sedikit Penjelasan Bahaya Menggunakan Handphone dan Alat Elektronik dalam Pesawat Terbang

22 Juni 2013   03:07 Diperbarui: 24 Juni 2015   11:37 4481
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pertama, sebelum nulis panjang lebar...saya mau kasih info dulu. Bahwa saya sama sekali bukan Pilot, bukan Pejabat Penerbangan, Kepala Bagian Radar Tower Landasan, Tukang bersihin Toilet Bandara pun bukan. Tidak, profesi saya samasekali jauh dari yang namanya Penerbangan Kalopun bisa nyupir pesawat, cuman bisa nerbangin Pesawat Lipet dari kertas dan F-22 Raptor serta A-10 Warthog di Flight Simulator :D Juga bukan pula Insinyur Elektronik dan Kelistrikan, yang mahir berceloteh soal gelombang Frekwensi Hape. Saya cuman seorang Pengamat Dunia Dirgantara, yang kebetulan aja mendadak rajin pengen nulis Artikel. Terutama setelah obrak-abrik, kutrak-katrik berbagai tulisan di Internet soal bahaya Handphone/Cellphone dalam Pesawat. Jadi kalo ada salah2 informasi, mohon dikoreksi yah. Demikian dan selamat membaca :D PELARANGAN HANDPHONE DALAM PENERBANGAN Pasti anda semua tau dong berita tentang pemukulan seorang Pramugari oleh Pejabat yang ngambek karena ga boleh pake Hape saat Take Off. Nah, kejadian pemukulan ini memang sangat jarang terjadi, tapi ngotot pake Hapenya justru sering banget terjadi. Terutama begitu saat mendarat. Baru juga roda pesawat nyentuh landasan, banyak yang udah pada sibuk neken tombol on...sibuk cari2 sinyal. Ga sabaran pengen nelepon, ngasih tau kalo udah mendarat. Lengkap dengan cengar-cengir haha hehe, sambil cerita kalo bawa banyak Oleh2... Padahal sejak 2009 sudah dikeluarkan larangan penggunaan Handphone dalam Pesawat. Lengkap dengan UU Pelarangan Penggunaan Alat Elektronik Dalam Pesawat UU No.1 Tahun 2009 pasal 54 huruf f : Penumpang pesawat terbang yang mengoperasikan peralatan elektronik selama dalam penerbangan sehingga mengganggu peralatan navigasi pesawat akan dikenakan sanksi pidana paling lama dua tahun atau denda paling banyak baca selengkapnya Rp200juta. Juga berbagai Media Perjalanan dan Wisata rajin melakukan sosialisasi.... Tapi kenapa orang2 tetap pada ngotot pake Hape di Pesawat ya ? Apa mungkin karena himbauannya cuma berbunyi : Karena dapat mengganggu Alat Navigasi dan Komunikasi Pesawat.... Thok ! Gada keterangan lain yang menjelaskan kenapa ga bolehnya. Apa yang diganggu dan blablabla lainnya..... Diakui ato tidak, sebagian masyarakat kita ini kadang emang seperti anak kecil...padahal udah bangkotan. Kalo dilarang, malah jadi makin sengaja. Itung aja berapa orang yang doyan nerobos Lampu Merah. Ato Pintu Lintasan Kereta. Sama Kereta aja ga takut, apalagi Lampu Merah doang..... :D Begitu juga dengan larangan Hape dalam Pesawat. Selama belum ada bukti konkrit Pesawat sampe nyungsep di tengah2 kota besar, gara2 ada penumpang hahahehe pake Hape....tetep aja ada yang bandel. Kalo ditegur, malah ngotot.. "Kan udah mendarat ! Jadi boleh dong nelepon !" Atau ada juga yang sotoy, " Saya baca di tulisan si A di Internet, katanya boleh2 aja koq. Ga akan pengaruh ke Mesin Pesawat !". Ato kadang ngeluarin jawaban nyebelin "Saya ini buru2 ! Janji dengan Pejabat Daerah. Kamu ga tau saya siapa ?" (Lha dia sendiri aja ga tau siapa dirinya, pake marah2 nanyanya... :D) Jadi kayanya perlu ada penjelasan terperinci mengenai bahaya penggunaan perangkat Elektronik dalam Penerbangan. Terutama Handphone dan lainnya.. Lainnya ? Iya. Semua alat Elektronik yang punya kemampuan memancarkan gelombang punya potensi untuk membahayakan Penerbangan. Termasuk Bluetooth, Wifi, CD player, NotePad, Tablet PC sampe alat cukur jenggot elektrik. (Emang alat cukur bisa ? Cobain aja deketin alat cukur elektrik ke TV yg nyala... :D) Kaget ? Ya gitulah namanya buatan Manusia. Kalo ada Positif, Negatif juga pasti ada. :) Nah supaya bacanya ga bingung ( karena terus terang, ternyata ga mudah menjabarkan informasi soal Elektronik dalam Pesawat. Apalagi buat orang awam kaya saya gini :D ), saya coba membahas selangkah demi selangkah. Mulai dari Poin Pesawat hingga Poin Handphone. ALAT NAVIGASI PESAWAT http://www.airbus.com/fileadmin/media_gallery/aircraft_pages_photo_galleries/a380-gallery/A380_Cockpit_2.jpg

Ada sekitar seratusan alat dalam Kokpit Pesawat, yang digolongkan dalam penggunaan masing2.  Salah satunya adalah Navigasi atau Penunjuk Arah. Kalo di Mobil kita sih, paling canggihnya GPS. Ato yang murah meriah, Peta sepuluh rebuan :D Ato tanpa kedua alat itu, asal uda familiar ama tujuan....jalan kemanapun pasti nyampe kok. Kalo nyasar, tinggal buka jendela dan nanya ke tukang warung. Minimal nanya Ojek plus minta dianterin ke alamat tujuan. Beda dengan yang namanya Terbang. Pesawat memerlukan seperangkat peralatan Navigasi untuk bisa sampai ke tujuan. Nasibnya kira2 mirip ama Kapal Selam dan Kapal Laut deh. Kalo Kapal Selam tanpa peralatan Sonar dan Navigasi, sama aja seperti Berenang di Danau sambil ditutup matanya. Ga bakal tau kemana arah berenangnya. Kapal Laut masih lebih baik nasibnya. Kalo nyasar bisa pake jurus Navigasi Bintang pake Sextant. Atau kalo ketemu Pulau yang sekiranya Familiar, masi bisa nebak2 arah berlayar. Kalo Pesawat ? Kalo masi ketinggian rendah di atas daratan sih mendingan. Tinggal liat ke jendela...ya minimal masih kenal deh daerahnya dia terbang. Tapi kalo di tengah laut ? Atau diatas Awan ? Saat ngeliat ke jendela ga keliatan apa2an kecuali awan dan langit doang..... Gada lampu merah, gada rambu2...... Kalo nyasar, ya udah nyasar aja. Gabisa mampir ke warung buat nanya2 jalan :D Makanya Pilot harus benar2 menguasai Navigasi sebelum boleh terbang jauh2. Apalagi sampe bawa penumpang segala. Kalo sampe nyasar....wah... mending jadi Pilot Angkot aja dah. Kalo nyasar, tinggal ekspor ke Angkot di belakang :D Nah, apa aja Alat Navigasi penting dalam pesawat yang terutama berhubungan dengan Gelombang Radio ? 1. Radio Magnetic Indicator/ Radio Directional Finder (RMI/RDF)

1371844943575041548
1371844943575041548

http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/d/d1/Adf_rmi.jpg

2. Course Deviation Indicator (CDI)

1371844968295612300
1371844968295612300

http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/3/32/Vor_indicator.png

Alat untuk menentukan posisi tujuan Pesawat, terutama untuk Checkpoint Penerbangan atau ke Bandara. Prinsip kerjanya mirip seperti Alat Deteksi Gerak /Motion Sensor dalam film Alien Saga. Gimana tuh cara kerjanya ? Karena di atas sana Pilot ga bisa liat arah tujuan terbang, kecuali cuman ngeliat awan dan langit, maka salah satu cara utnuk bisa mencapai tujuan adalah dengan bantuan gelombang Radio. Prinsip kerjanya kira2 gini :  Tower Bandara / Checkpoint mengirimkan sinyal Radio berupa gelombang VHF Omnidirectional Radio Range (VOR), yang nantinya dideteksi oleh RDF dan CDI sebagai penuntun arah. Tau Alat Detektor Logam ? Yang bunyi "Bip Bip Bip", kalo makin deket ke logam, makin kenceng bunyinya. Kira kaya gitu deh. Atau bisa juga seperti orang yg nyasar dalam Kabut, terus temennya pada teriak manggil2in. Suara teriakan itu jadi panduan arah oleh si Nyasar untuk berjalan ke arah temen2nya. Nah kira2 gitu cara kerja RDF/CDI 3. Radio/Radar Altimeter (RA)

13718449991705013529
13718449991705013529

http://www.seaerospace.com/king/kinggra/kni415.jpg

Alat ini super penting banget dalam Pesawat. Karena alat ini mengukur ketinggian Pesawat, terutama sebelum Landing. Dalam proses Landing, Alat ini memberi bantuan informasi Ketinggian Pesawat pada Komputer, hingga membantu menentukan Kecepatan Ideal saat mendarat menggunakan ILS - Instrument Landing System (fungsi Autopilot untuk mendarat) Cara kerjanya adalah dengan memantulkan gelombang Radio ke permukaan di bawah Pesawat (Laut atau Daratan). Semakin dekat dengan  Permukaan, semakin cepat pantulan gelombang Radio yang kembail ke Pemancar. Berbeda dengan Barometric Altimeter (BA) yang bekerja berdasarkan tekanan Barometrik pada Atmosfir.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun