Mohon tunggu...
Leni Aulia
Leni Aulia Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Saya adalah seorang mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Langkah Apa Aja Sih yang Harus Ditempuh Guru dalam Mengembangakan Alat Evaluasi? Yuk Simak Caranya di Sini!

25 April 2024   22:12 Diperbarui: 25 April 2024   22:17 21
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Pengembangan alat evaluasi dalam strategi pembelajaran adalah sebuah proses merancang dan menciptakan instrumen atau metode penilaian untuk mengukur pencapaian tujuan pembelajaran.

Dalam mengembangkan alat evaluasi khususnya tes, ada  beberapa langkah yang harus ditempuh oleh guru. Berikut ini akan penulis sampaikan, jangan sampai keliru ya.

1. Membuat Tabel Spesifikasi atau Kisi-kisi Soal

Tabel spesifikasi adalah tabel yang memuat ruang lingkup materi dan aspek tingkah laku yang akan dievaluasi beserta proporsionalitasnya. Istilah lainnya yang sering kita gunakan adalah kisi-kisi soal dimana guru menentukan pokok bahasan apa yang akan di teskan kepa siswa, serta spek tingkah laku apa yang akan di ukur.

Dalam menentukan ruang lingkup pokok bahasan disesuaikan dengan kurikulum yang sudah disampaikah oleh guru kepada siswa, sedangkan untuk menentukan proporsonalitas jumlah soal pada masing-masing pokok bahasan di sesuaikan dengan lama dan barunya materi dan sedikit atau banyaknya materi. Adapun unt menentukan aspek tingkah laku apa yang akan diukur tergantung pada tingkatan usia siswa peserta tes tersebut, karena akan berkaitan dengan tingkat kesulitan soal.

Lalu, apa sih manfaat dari mempelajari tabel spesifikasi?

Manfaat dari adanya table spesifikasi ini diantaranya : menjamin bahwa soal yang dirumuskan sesuai dengan mater yang telah disampaikan, menjamin adanya keterwakilan materi pembelajaran secara proporsioanl, menjamin adanya tingkat kesulitan soal yang proporsional berdasarkan tingkat usia siswa, serta meningkatkan validitas tes secara content dan construct.    

Tabel spesifikasi ini ada dua jenis :

Materi Homogen yaitu ketika seluruh materi yang akan dites memiliki struktur yang homogeny dari aspek tingkah lakunya.

Materi Heterogen yaitu apabila seluruh materi pembelajaran yang akan diteskan tidak memiliki struktur yang homogen dari aspek tingkah lakunya.

2. Merumuskan Indikator

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun