Mohon tunggu...
Lely Suryani official
Lely Suryani official Mohon Tunggu... Guru - Guru SD
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Saya terlahir dengan nama LELY SURYANI. Saat ini saya sebagai guru di SD N 1 Gumelem Kulon, Kecamatan Susukan, Kabupaten Banjarnegara, Propinsi Jawa Tengah, Kode Pos 53475

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Aksi Nyata Platform Merdeka Mengajar dengan Topik Profil Pelajar Pancasila

17 Maret 2023   23:31 Diperbarui: 17 Maret 2023   23:36 2719
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto : DokPri

Aksi Nyata Platform Merdeka Mengajar Dengan Topik Profil Pelajar Pancasila

Salam bahagia  ibu dan bapak guru hebat

Perkenalkan  saya Lely Suryani dari SDN 1  Gumelem Kulon, akan melaksanakan aksi nyata,, dengan menyebarkan pemahaman terkait telah selesainya pelatihan mandiri pada Platform Merdeka Mengajar dengan Topik Profil Pelajar Pancasila

Topik Profil  Pelajar Pancasila terdiri dari 8 modul yaitu : 

Modul 1 : Apa dan Bagaimana Profil Pelajar Pancasila

Modul 2 : Dimensi Beriman, Bertaqwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia.

Modul 3 : Dimensi Kebimekaan Global

Modul 4.  Dimensi Bergotong Royong.

Modul 5 : Dimensi Mandiri.

Modul 6 : Dimensi Bernalar Kritis

Modul 7 : Dimensi Kreatif

Modul * : Profil Pelajar Pancasila Dalam Pembelajaran 

Pada Modul 1 Apa dan Mengapa Profil Pelajar Pancasila dijelaskan mengenai  Urgensi Profil Pelajar Pancasila dan dimensi Profil Pelajar Pancasila. Yang dimaksud dengan urgensi Profil Pelajar Pancasila adalah merupakan elaborasi tujuan pendidikan nasional sekaligus komitmen bersama seluruh penyelenggara pendidikan dalam membangun sumberdaya manusia Indonesia. Melalui video PMM dijelaskan bahwa  ada 7 urgensi yang melatarbelakangi dirumuskannya .Profil Pelajar Pancasila. Ketujuh Urgensi yang dimaksud adalah : 

  1. Profil Pelajar Pancasila sebagai bintang Penuntun Pembelajaran.

Tujuan Pendidikan Nasional indonesia yang tercantum di dalam Undang - Undang Nomor 20 Tahun  2003  tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 3 :  

" Pendidikan diselenggarakan agar setiap individu dapat menjadi manusia yang beriman, bertaqwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu,  cakap, kreatif mandiri,dan  menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab"

Dari tujuan tersebut, Indonesia perlu menentukan arah Tujuan Pendidikan Nasional, yang menurut Ki Hajar Dewantara adalah "Menjadikan Manusia Indonesia menjadi manusia yang merdeka"  Arah atau petunjuk dari Tujuan Pendidikan Nasional Indonesia,  kemudian oleh Ir. Soekarno disebut "Leitstar" atau "Bintang  Penuntun" Profil Pelajar Pancasila diharapkan sebagai Bintang Penuntun  Pembelajaran menuju Tujuan Pendidikan Nasional

  1. Profil Pelajar Pancasila sebagai upaya mencapai Cita - Cita Bangsa

Sebagai Bintang Penuntun Pembelajaran, diharapkan akan tercapainya cita - cita bangsa yang terkandung di dalam Pembukaan UUD 1945 Alinea 4 yaitu : ... mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan,  perdamaian abadi dan keadilan sosial...."

  1. Profil Pelajar Pancasila  untuk menyiapkan warga negara sekaligus warga dunia

Diera globalisasi, pengembangan Profil Pelajar Pancasila untuk menyiapkan pelajar Indonesia agar  siap  berpartisipasi dalam persaingan global. dengan penuh percaya diri dan dalam memecahkan masalah - masalah global. Sebelum menjadi warga dunia, Pengembangan Profil Pelajar pancasila mengedepankan identitas sebagai warga negara Indonesia yang memiliki karakter dan nilai - nilai budaya yang kuat. Hal ini sejalan dengan TRIKON Ki hajar Dewantara yaitu

  • Kontinyu yang berarti berterusan dengan alam kebudayaan dan akar masa lalu

  • konvergen dengan perkembangan kebudayaan dunia.

  • Konsentris yaitu menyatu dalam kebudayaan universal secara berkepribadian.

  1. Profil Pelajar Pancasila untuk kesejahteraan jiwa dan raga.

Tantangan dan perubahan zaman yang berkembang cepat menimbulkan dampak positif dan negatif. Dampak positifnya yaitu mudahnya akses ilmu pengetahuan dalam kehidupan sehari - hari. Sedangkan dampak negatifnya antara lain kecanduan gawai, Dengan keadaan tersebut perlu pengembangan  pendidikan yang menajamkan keseimbangan diri murid kita. Sehingga murid dapat beradaptasi dengan perubahan yang ada dengan memiliki jati diri yang kuat untuk menghadapi keadaan yang tidak menentu tersebut. Keseimbangan tersebut dapat dicapai melalui belajar olah pikir, olah rasa, olah karsa dan olah raga menurut Ki Hajar dewantara

  1. Profil Pelajar Pancasila merupakan rumusan karakter dan kompetensi abad 21

Mempersiapkan pelajar Indonesia yang memiliki kompetensi abad 21 adalah sesuatu yang tidak bisa ditunda - tunda lagi. Kompetensi abad 21 yang esensial adalah kemampuan untuk memecahkan masalah atau problem solving, berpikir kritis, komunikasi, kreativitas dan berkolaborasi serta dilandasi dengan keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan mandiri.

  1. Profil Pelajar Pancasila sebagai profil lulusan

Untuk mewujudkan profil lulusan yang berkarakter Profil Pelajar pancasila diperlukan pembelajaran dengan paradigma baru yang  berorientasi pada penguatan kompetensi dan karakter  yang sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila.

  1. Profil Pelajar pancasila sebagai rujukan penyusunan kebijakan 

Profil Pelajar Pancasila merupakan rumusan  yang mendukung tercapainya visi, cita - cita dan tujuan utama pendidikan, sekaligus komitmen penyelenggara pendidikan dalam membangun sumber daaymanusia  Indonesia.

Dimensi Profil Pelajar Pancasila meliputi : Beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, , Berkebinekaan Global, Bergotong Royong, Mandiri, Bernalar kritis dan Kreatif.

Kemudian pada Modul 2 , Dimensi Beriman, Bertaqwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia dijelaskan mengenai contoh konkret pelajar Indonesia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia i dalam kehidupan sehari - hari, Juga dijabarkan elemen - elemen Dimensi Beriman , bertaqwa kepada Tuhan Ynag Maha Esa dan berakhlak mulia yang meliputi : 

  1. Elemen beragama

  2. Elemen Pribadi

  3. Elemen kepada manusia

  4. Elemen kepada alam 

  5. Elemen bernegara

Pada Modul 3. dimensi Berkebhinekaan Global, selain dijelaskan contoh pelajar  Indonesia yang berkebinekaan Global, juga dijelaskan pula elemen - elemennya serta alur perkembangannya yang meliputi : 

  1. Elemen mengenal dan menghargai budaya.

  2. Elemen komunikasi dan interaksi antar budaya.

  3. Elemen refleksi dan tanggung jawab terhadap pengalaman kebhinekaan 

  4. Elemen  berkeadilan sosial.

Modul 4. Dimensi  Bergotong royong mengandung elemen kolaborasi, elemen, kepedulian dan elemen berbagi. Selain itu dijelaskan pula lur - alur perkembangan setiap elemennya.

Modul 5. Mandiri, , elemennya ada 2 macam  yaitu elemen  pemahaman diri dan situasi yang dihadapi dan elemen regulasi diri. Alur Perkembangan masing - masing elemen juga dijelaskan secara gamblang,

Modul 6 Bernalar Kritis juga menjelaskan elemen - elemennya dan alur perkembangan dari masing - masing elemen. Elemen Bernalar kritis ada 3 yaitu memperoleh dan memproses informasi dan gagasan, elemen menganalisis  dan mengevaluasi penalaran serta elemen  refleksi pemikiran dan dan proses berpikir

Modul 7. Kreatif terdiri dari  3 elemen perkembangannya yaitu elemen  menghasilkan gagasan yang orisinil, elemen .menghasilkan karya dan tindakan yang orisinil, dan elemen memiliki keluwesan berpikir dan mencari alternatif solusi  permasalahan.

Modul 8. Profil Pelajar Pancasila dalam Pembelajaran. Untuk mewujudkan Profil Pelajar Pancasila, ke 6 dimensinya harus terintegrasi dalam program - program kerukunan dan dibangun secara konsisten dalam diri setiap pelajar indonesia. Cara pertama untuk membangun Profil Pelajar Pancasila secara konsisten dalam diri murid adalah melalui pengalaman belajar yang murid terima setiap harinya di sekolah

Pembelajaran berbasis proyek, memberikan murid pengalaman belajar yang memberikan pemahaman yang menyeluruh. eksploratif dan kontekstual. Melalui pembelajaran berbasis proyek atau projek based learning  memberikan kesempatan pada murid untuk belajar yang berlangsung dalam suasana tidak formal, struktur belajar yang fleksibel, kegiatan belajar yang lebih interaktif, terlibat langsung di lingkungan sekitar. 

Profil Pelajar Pancasila dalam pembelajaran ekstrakurikuler memberikan murid kesempatan untuk mengeksplorasi minat dan mendapatkan pengalaman belajar yang beragam. Potensi dari program ekstrakurikuler untuk mengembangkan ke 6 dimensi  Profil Pelajar pancasila.Dengan demikian satuan pendidikan juga dapat melakukan refleksi, evaluasi dan terus berupaya untuk meningkatkan program ekstra kurikulernya. 

Demikianlah keseluruhan modul yang telah saya pelajari secara mandiri, Semoga penyebaran pemahaman saya tentang Topik Profil Pelajar Pancasila dapat bermanfaat  bagi ibu dan bapak guru, Terimakasih atas segala perhatian dan mohon dimaafkan jika aksi nyata saya ini banyak kekurangan dan kekeliruan, Tetap semangat.

 Sumber dari Aplikasi Platforn Merdekan Mengajar ( PMM )

Kreator : Lely Suryani - Banjarnegara

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun