Mohon tunggu...
lely octa
lely octa Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Travel Blogger - booklover

Seorang travel blogger yang punya mimpi keliling Nusantara

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Wonderful Indonesia, Memamerkan Pesona Heritage of Toba ke Kancah Internasional

26 September 2021   07:00 Diperbarui: 26 September 2021   07:07 75 3 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Wonderful Indonesia, Memamerkan Pesona Heritage of Toba ke Kancah Internasional
Source: indonesia.travel

"Ayo ke Medan, nanti aku ajak melihat cantiknya matahari tenggelam di Danau Toba".

Ketika mendengar Danau Toba, pikiranku langsung melayang  ke sudut kamar kos di Ibukota, tempat aku dan teman Batakku tinggal beberapa tahun yang lalu. Karenanya aku memimpikan suatu waktu bisa menikmati momen sunset di pinggiran Danau Toba. Dan  bagaimana ya rasanya berperahu menjelajahi danau vulkanik terbesar di dunia ini? Ahh pasti seru sekali menghabiskan waktu di sana.

Nampaknya tak hanya aku yang tertarik dengan keindahan alam danau dengan luas kurang lebih 1.145 kilometer persegi ini. Pemerintah juga melihat potensi dari keindahan alam dan budaya di wilayah danau yang terletak di Sumatra Utara ini sehingga memasukkannya ke dalam Destinasi Super Prioritas (DSP Toba).

Source: kompsiana.com
Source: kompsiana.com

Setelah sukses dengan program Wonderful Indonesia, kini Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mengembangkan program 10 Bali Baru. Yaitu 10 destinasi wisata yang memiliki karakteristik dan keunikan layaknya Bali.

Sebelum pandemik berlangsung Bali mampu menarik 6 juta wisatawan baik dalam maupun luar negeri. Hal ini membuat Kemenparekraf menjadikan Bali sebagai kiblat pariwisata di Indonesia. Dan Kemenparekraf lewat program 10 Bali Baru akan mengembangkan infrastruktur, kualitas jaringan telekomunikasi, produk ekonomi kreatif, hingga menyiapkan SDM yang unggul seperti Bali di 10 destinasi yang didapuk sebagai 10 Bali Baru tersebut. Dan Heritage of Toba masuk di dalamnya.

Bukan tanpa sebab Danau Toba masuk ke dalam 10 Destinasi Super Prioritas lho! Hal ini tentu saja karena Danau Toba memiliki daya tarik yang sangat besar untuk memikat hati siapa saja yang melihatnya. Tak hanya keindahan alam saja yang disajikan, namun juga ragam budaya dan sejarahnya.

Asal Usul Terbentuknya Danau Toba

Menurut Van Bemmelen, seorang geolog asal Belanda dalam bukunya The Geoloy of Indonesia (1939), Danau Toba dulunya merupakan gunung api purba. Gunung tersebut meletus sekitar 74 ribu tahun yang lalu. Gabungan antara proses vulkanik dan tektonik pada letusan gunung api inilah yang menyebabkan amblesnya bagian tengah gunung, sehingga membentuk cekungan memanjang ke arah barat laut hingga tenggara.

Letusan tersebut juga menyebabkan terjungkitnya sebagian tanah dengan posisi miring ke arah barat daya yang membentuk Pulau Samosir. Pasca letusan dahsyat tersebut, Kaldera Toba tertutup bebatuan beku yang kemudian cair dan membentuk danau.

Tempat yang Wajib Dikunjungi Ketika Liburan Ke Danau Toba

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...
Lihat Konten Travel Selengkapnya
Lihat Travel Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan