Mohon tunggu...
Lazuardi Firdaus
Lazuardi Firdaus Mohon Tunggu... Lainnya - Motorsport

Motorsport Maniac

Selanjutnya

Tutup

Balap Pilihan

Nasib Race Director, Selalu Disalahkan

13 September 2022   13:10 Diperbarui: 13 September 2022   13:18 105 5 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Safety Car picks up Verstappen (motorsport images)

Pada balapan GP Italia, race director membuat keputusan yang tidak populer yaitu 'finish under safety car condition'. Ini merupakan kali ke-19 dalam sejarah F1 dimana balapan selesai dalam kondisi 'finish under safety car condition'.  

Banyak para fans yang tidak terima dan tidak puas untuk keputusan ini karena ending dari balapan menjadi 'kentang'. Walaupun begitu, apa yang dilakukan race director sesuai aturan dan amat tepat walaupun ada beberapa hal yang bisa diperbaiki

Tidak Ada Alasan Untuk Memberikan Red Flag

Ricciardo stop at Lesmo on Lap 47 (@F1)
Ricciardo stop at Lesmo on Lap 47 (@F1)

Ketika mobil Ricciardo mogok diantara tikungan Lesmo 1 dan 2 pada Lap 47, fans berharap race director untuk memberikan red flag supaya race dapat diakhiri dalam keadaan green alias normal dengan beberapa lap tersisa. 

Faktanya tidak ada hal membahayakan di track yang dapat membuat race director menghentikan balapan untuk sementara waktu. Mobil Ricciardo 'parkir' di tempat yang relatif aman (di pinggir dekat dengan escape route), tidak ada oli yang bocor, tidak ada debris yang membahayakan mobil lain. Jadi mengapa harus di-Red Flag jika tidak ada hal yang sangat membahayakan?

Verstappen crashes out of lead (planetf1)
Verstappen crashes out of lead (planetf1)

Jika fans ingin balapan berakhir seperti Baku 2021, setidaknya race director saat itu punya alasan nyata untuk menghentikan balapan tersebut. 

  • Mobil Max Verstappen terparkir tepat di racing line serta di lurusan panjang sirkuit Baku (ditambah sulit untuk dievakuasi)
  • Ada debris berupa fragmen karet ban, front wing, dan part dari floor yang dapat membahayakan mobil lain
  • Race director ingin mengecek apakah lurusan Baku 'aman' untuk kembali dilindas mobil lain (ditambah sebelumnya ada insiden Lance Stroll)

Finish Di Belakang Safety Car Bukanlah 'Dosa Besar'

Safety Car picks up leader (topallmedia)
Safety Car picks up leader (topallmedia)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Balap Selengkapnya
Lihat Balap Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan