Mohon tunggu...
Laurantius Anggita Yudha
Laurantius Anggita Yudha Mohon Tunggu... Guru - Guru

saya adalah seorang guru akuntansi di SMK Strada Daan Mogot Kota Tangerang Provinsi Banten -------Salam Guru Hebat Indonesia--------

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Refleksi Dwimingguan 2 "Nilai dan Peran Guru Penggerak"

27 November 2022   16:49 Diperbarui: 27 November 2022   17:07 1196
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gambar Ruang Kolaborasi Virtual/dokpri

Salam dan Bahagia....

Salam Guru Penggerak Indonesia....


Bertemu kembali dengan saya Laurantius Anggita Yudha Harnoko, S.Pd., Calon Guru Penggerak Angkatan 7 dari SMK Strada Daan Mogot, Kota Tangerang, Provinsi Banten. Pada kesempatan ini saya akan membagikan hasil refleksi Dwimingguan tentang Modul 1.2 "Nilai dan Peran sebagai Guru Penggerak".

Model refleksi yang saya ambil adalah model refleksi yang dikembangkan oleh Ash dan Clayton pada tahun 2009. Model DEAL adalah deskripsi pengalaman yang dialami dengan menceritakan unsur 5W+1H. Examination adalah analisa pengalaman dengan membandingkannya terhadap tujuan/rencana yang telah dibuat sebelumnya. Kemudian Articulation of Learning adalah menjelaskan hal yang dipelajari dan rencana untuk perbaikan dimasa mendatang.

Berikut saya jelaskan deskripsi refleksi saya. Pada minggu ke dua ini bersama teman Calon Guru Penggerak Angkatan 7 Kota Tangerang kelompok 23 mempelajari modul 1.2 Nilai dan Peran Guru Penggerak. Rangkaian kegiatan menggunakan alur merdeka. Pada kegiatan mulai dari diri, kami diminta mengidentifikasi nilai-nilai diri sendiri dengan menggambar trapezium usia, dan menjelaskan peran kami sebagai guru di sekolah.

Selanjutnya melaksanakan kegiatan eksplorasi konsep di LMS pada forum diskusi. Kami saling memberikan umpan balik yang positif mengenai pengalaman diri berkaitan nilai dan peran guru penggerak. 

Kegiatan berikutnya adalah kegiatan kolaborasi, dimana kegiatan ini di pandu oleh fasilitator Ibu Dra. Heni Inawati I.P., M.Pd. dan di damping oleh pengajar praktik Ibu Mislidar, S.Ag., S.Pd. Pada kegiatan kolaborasi ini kami mendiskusikan dan mempersentasikan nilai dan peran guru penggerak yang di implementasikan dalam sebuah rencana kegiatan yang ada di sekolah. Berikut saya sampaikan dokumentasi kegiatan kolaborasi secara virtual.

 

Gambar Ruang Kolaborasi Virtual/dokpri
Gambar Ruang Kolaborasi Virtual/dokpri

Kegiatan berikutnya adalah penugasan mandiri, melalui Demonstrasi kontekstual. Pada tahap ini, kami membuat gambaran diri sebagai Calon Guru Penggerak di masa depan, dalam bentuk cerita yang berisikan kegiatan yang akan dilakukan kedepannya.

Kegiatan berikutnya, tepatnya di hari Jumat, 18 November 2022 kunjungan dan bimbingan Pengajar Praktik. Pada kegiatan ini saya merasa dikuatkan dalam menjalani proses pendidikan guru penggerak ini. Berikut dokumentasi kunjungan pengajar praktik sebagai berikut

 

Gambar Kunjungan Pengajar Praktik Ibu Mislidar, S.Ag, S.Pd./dokpri
Gambar Kunjungan Pengajar Praktik Ibu Mislidar, S.Ag, S.Pd./dokpri

 

Gambar Kunjungan Pengajar Praktik Ibu Mislidar, S.Ag, S.Pd./dokpri
Gambar Kunjungan Pengajar Praktik Ibu Mislidar, S.Ag, S.Pd./dokpri

Kegiatan selanjutnya adalah elaborasi pemahaman. Kegiatan ini dilakukan secara virtual bersama instruktur Bapak Mualip. Pada kegiatan ini kami dikuatkan kembali konsep filosofi Ki Hadjar Dewantara yang dikonseksikan dengan nilai dan peran Guru Penggerak. 

Kegiatan berikutnya, saya mengerjakan konseksi antar materi dari filosofi KHD dengan Nilai dan Peran Guru Penggerak. Terakhir adalah kegiatan Aksi Nyata penerapan nilai dan peran guru penggerak di sekolah. 

Selanjutnya examination adalah pengalaman saya peroleh selama dua minggu ini. Saya pribadi mampu memahami dan mulai menerapkan nilai-nilai, peran dan kompetensi Guru Penggerak. Saya mulai memperbaiki diri untuk menjadi seorang yang berusaha menjadi agen perubahan ekosistem pendidikan.

 

Selanjutnya Articulation of Learning (hal-hal yang dipelajari) yaitu:

  • Pembentukan nilai diri seseorang
  • Nilai-nilai yang perlu dikembangkan Guru Penggerak
  • Peran guru dalam transpormasi pendidik
  • Keteledan dan pembiasaan untuk menumbuhkan nilai diri seorang siswa
  • Menjadi pemimpin pembelajaran di kelas
  • Menggerakan komunitas praktisi

Selanjutnya Articulation of Learning (rencana perbaikan) adalah melalui penerapan nilai-nilai dan peran Guru Penggerak di sekolah, diharapkan seorang guru mampu untuk menjalankan peran sebagai Guru Penggerak yang mempunyai kompetensi sebagai agen transpormasi pendidik kearah yang positif dan lebih baik. Saya juga harus memaksimalkan aset yang ada pada diri saya sebagai kekuatan untuk dapat mewujudkan setiap kegiatan baik didalam kelas ataupun kegiatan diluar kelas. Saya juga harus banyak berlatih untuk mengelola diri sendiri dan berusaha menggerakan rekan guru untuk menuju komunitas yang bersama-sama menjalin proses perubahan pendidikan yang lebih baik.

 

Terima kasih..

 

Salam dan Bahagia..

 

Salam Guru Penggerak Indonesia..

 

Guru Bergerak-Indonesia Maju..

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun