Mohon tunggu...
LatihID
LatihID Mohon Tunggu... Platform Pengembangan UMKM

Platform e-learning (electronic learning) yang menyediakan pelatihan berkualitas untuk meningkatkan kualitas Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Indonesia. www.latihid.com

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Kenali 4 Tipe Konsumen Ini Saat Bulan Ramadhan

12 April 2021   14:18 Diperbarui: 12 April 2021   14:24 470 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kenali 4 Tipe Konsumen Ini Saat Bulan Ramadhan
Ilustrasi konsumen

"Ramadan tiba, Ramadan tiba"

Ilustrasi konsumen | Sumber foto: hestanto.web.id

Hayoo siapa nih yang sudah tidak sabar menyambut bulan suci Ramadhan yang tinggal menghitung hari? Meskipun Ramadhan tahun ini masih dijalani berdampingan dengan Corona, tapi tidak mengurangi antusias orang-orang dalam menyambutnya. Di bulan ini, orang-orang tidak hanya berusaha meraih pahala sebanyak-banyaknya, tapi juga meraih kesempatan buat para pelaku bisnis untuk meraih omset sebesar-besarnya. 

Pasalnya pola konsumsi konsumen di bulan ini mengalami perubahan yakni jadi lebih konsumtif. Dilansir dari LatihID, Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Airlangga (UNAIR) Dr. Tri Siwi Agustina, SE, M.Si mengatakan bahwa konsumen cenderung menginginkan variasi dalam jenis makanan dan minuman. Inilah yang menjadikan banyak orang tiba-tiba beralih profesi menjadi pebisnis karena tidak ingin melewatkan peluang bisnis di bulan yang hanya datang satu tahun sekali ini. 

Ngomongin soal perubahan perilaku konsumen yang jadi lebih konsumtif, konsumen ini sebenarnya terdiri dari berbagai tipe, lho dan ini wajib kamu ketahui supaya bisa menetapkan strategi marketing yang tepat, misalnya menentukan jadwal posting konten yang tepat agar engagement-nya meningkat. Jadi, buat yang penasaran dengan tipe-tipe konsumen ini, yuk langsung kita bahas satu per satu!

1. Si Dermawan

Di bulan Ramadhan orang akan berlomba-lomba untuk meraih pahala sebanyak-banyaknya dengan melakukan berbagai kebaikan, salah satunya adalah sedekah dan zakat. Dilansir dari Niagahoster, kebanyakan orang-orang Indonesia mencari kata kunci zakat dan sedekah beserta tata caranya. Tiga kata kunci populer mengenai zakat adalah organisasi zakat (85.000 pencarian), arti zakat, infaq, sedekah (40.000 pencarian), dan bagaimana membayar zakat online (20.000 pencarian). 

Nah, sebagai penjual, kamu bisa memberikan promo untuk konsumen tipe ini, misalnya dengan membeli produk kamu, sekian persen hasil penjualan akan disumbangkan ke pihak yang membutuhkan. Dengan promo ini, baik kamu maupun konsumen akan saling diuntungkan karena sama-sama melakukan kebaikan dimana konsumen sudah menyumbangkan sebagian hartanya dan kamu sebagai penyedia sarana untuk konsumen yang ingin berbagi dengan orang lain. 

2. Si Pecinta Belanja Online

Adakah di antara kamu yang bisnisnya belum go online? Wah, sayang banget, nih. Belanja online menjadi pilihan konsumen untuk memenuhi kebutuhan selama puasa maupun lebaran, apalagi lagi pandemi seperti sekarang ini. Berdasarkan hasil riset yang dilakukan iPrice bekerja sama dengan Jakpat pada tahun 2020, rata-rata orang Indonesia menghabiskan Rp 500.000-1.999.999 untuk berbelanja kebutuhan lebaran di toko online dan barang yang paling banyak dibeli saat ramadan adalah fashion.

Belanja online meningkat saat Ramadhan | Sumber foto: iprice.co.id
Belanja online meningkat saat Ramadhan | Sumber foto: iprice.co.id

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN