Nggak punya modal buat buka toko offline? Ribet mau buat website toko online sendiri? Jualan di marketplace aja! Marketplace adalah pusat virtual pasar di mana penjual dan pembeli dapat melakukan transaksi perdagangan. Bisa dikatakan marketplace ini adalah pihak ketiga dalam transaksi online, yang juga menyediakan berbagai fasilitas pembayaran.Â
Menjamurnya marketplace di Indonesia tentunya memberikan kemudahan untuk pelaku UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) yang ingin berjualan online. Kamu hanya perlu mengisi informasi produk yang ingin dijual beserta profil perusahaan, dan produkmu akan tampil di situs marketplace tersebut. Mudah bukan?
Apa saja sih, marketplace yang ada di Indonesia?
Sebenarnya marketplace di Indonesia ini ada banyak dan beragam. Berikut top 5 marketplace di Indonesia yang paling unggul berdasarkan riset dari iPrice (situs meta-search) pada kuartal IV 2020.
1. Shopee
Marketplace asal Singapura ini menduduki posisi pertama sebagai marketplace yang paling diingat (top of mind) dan paling sering digunakan dalam berbelanja berdasarkan riset yang dilakukan Snapcart selama bulan Ramadhan dan Hari Raya Lebaran tahun 2020.
Marketplace yang diluncurkan pertama kali di Singapura pada tahun 2015  dan di bawah SEA Group  ini memiliki jumlah pengunjung sebanyak 129.320.800 pengunjung web bulanan pada kuartal ke IV 2020.
2. Tokopedia
Marketplace asal Indonesia yang didirikan pada tahun 2009 oleh William Tanuwijaya ini menduduki posisi kedua sebagai marketplace yang paling banyak dikunjungi. Pada kuartal ke IV, Tokopedia meraih 114.655.600 pengunjung web bulanan.