Mohon tunggu...
Latifah Ayu Kusuma
Latifah Ayu Kusuma Mohon Tunggu... Freelancer - Mahasiswi

ūüďĚ Freelancer ūüĎď Social observer

Selanjutnya

Tutup

Kuliner

4 Menu Paling Asyik di Cafe 1912 UMY

26 Maret 2021   21:30 Diperbarui: 26 Maret 2021   21:30 666 8 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
4 Menu Paling Asyik di Cafe 1912 UMY
Menu Favoritku di Cafe 1912 - dokpri

Cafe di dalam kampus? Yes, salah satu kampus swasta di tepi ringroad memiliki cafe megah. Namanya cafe 1912. Letak cafe ini tak jauh dari gerbang utama Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. 

Bangunannya terdiri dari tiga lantai dengan konsep co-working space. Cafe ini juga dilengkapi dengan Wi-fi gratis yang lancar. So, cafe ini cocok digunakan sebagai sarana belajar mahasiswa, civitas akademika, dan masyarakat umum.

Suasana Cafe 1912 - doc. Twitter @UMYogya
Suasana Cafe 1912 - doc. Twitter @UMYogya
Bagian depan Cafe 1912 - dokpri
Bagian depan Cafe 1912 - dokpri
Suasana Cafe 1912 ini nyaman, terlebih jika pengunjung tidak ramai. Terdapat ruang outdoor dan indoor yang instagram-able. Di ruang outdoor, ada meja kursi dari kayu yang berderet rapi dan dilindungi sekat bening (di meja) sesuai protokol kesehatan. Di beberapa sudut cafe juga terdapat tempat cuci tangan dan hand sanitizer. Sekeliling ruang outdoor dihiasi dengan pohon, tanaman dan rerumputan hijau. Sejuk dan aesthetic.

Sementara ruang indoor lantai satu berisi jajaran sofa yang cocok untuk rombongan. Di sudut lain terdapat meja kasir dan meja pengambilan order. FYI, Cafe 1912 memang menggunakan sistem self service. Lantai 2 berisi meja panjang, cocok digunakan untuk mengerjakan tugas. Di sisi dekat dinding kaca, ada beberapa pasang meja kursi menghadap area outdoor. Pemandangan dari sini terbilang menyenangkan hati. Puas deh ngopi sambil nugas di sini.

Chicken Katsu Sambal Matah dan Sandwich Egg - dokpri
Chicken Katsu Sambal Matah dan Sandwich Egg - dokpri
Menu yang disajikan oleh Cafe 1912 beragam, mulai dari coffee, brewed tea, ice blend, steak, pasta, sandwich, rice bowl, snack, hingga fried chicken dan  sate taichan. Dari beberapa menu yang pernah kucoba, berikut 4 menu paling asyik versi aku:

Cafe Latte

The best menu for me. Perpaduan espresso dan susunya pas, sehingga menghasilkan rasa yang nikmat. Lebih asik dinikmati dengan tambahan ice. Rasa kopinya pas, susunya tidak berlebihan. Btw, bisa request dengan gula atau tanpa gula, sesuai selera. Minuman ini dikemas dengan cup bening bertuliskan cafe 1912. Cafe latte cocok dinikmati sembari mengerjakan tugas atau nongkrong bersama teman. Menurutku cafe latte adalah mood booster di segala suasana.

Signature Ketan Hitam dan Cafe Latte - dokpri
Signature Ketan Hitam dan Cafe Latte - dokpri

Signature Ketan Hitam

Belum terbayang sih minuman rasa ketan hitam, tetepi menu satu ini enak. Awalnya aku membeli Signature Ketan Hitam karena direkomendasikan oleh mas kasir Cafe 1912. "Cobain signaturenya mbak, diskon 25% loh," tawarnya. Tak mau menyiakan kesempatan berhemat (namanya juga mahasiswa), aku segera memesannya. Sebuah cup dengan minuman berwarna ungu muda tersaji di meja. Terlihat ketan hitam asli dari cup beningnya. Aku segera mencicipi minuman unik ini. Mantap! Rasanya cukup berbeda dari minuman lain. Ada kesan modern dari jenis minumannya dan kesam tradisional dari ketan hitam asli di dalamnya. Ketan hitamnya manis.

Sandwich Egg

Sandwich Egg - dokpri
Sandwich Egg - dokpri
Menu berbahan dasar roti tawar ini cocok dinikmati untuk sarapan pagi. Sebuah solusi bagi mahasiswa yang sering lupa sarapan. Isinya lengkap, roti tawar, tomat, mentimun, daun selada, telur mata sapi setengah matang, dan olesan margarin pada roti. Dengan harga yang terjangkau, menurutku Sandwich Egg ini worth it to buy. Rasanya jangan diragukan lagi, segar sayuran berpadu dengan telur dan roti menjadi sajian lezat tiada tara. Porsinya tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar, pokoknya kenyang setelah makan Sandwich Egg by Cafe 1912.

Rice Bowl Chicken Katsu Sambal Matah

Chicken Katsu Sambal Matah - dokpri
Chicken Katsu Sambal Matah - dokpri
Cafe 1912 juga punya beberapa menu makanan berat. Favourite aku sih chicken katsu sambal matah. Dikemas dalam paper bowl yang terbilang besar, menu ini berisi nasi putih, chicken katsu, daun selada, tomat, telur mata sapi, dan sambal matah. Buat pecinta pedas, menu satu ini wajib dicoba. Sambal matahnya pedas mantap. Selalu tersaji pedas meski harga cabai naik. Chicken katsunya tidak keras, terkesan empuk tetapi crispy. Nasinya banyak, siapa pun yang menyantapnya pasti kenyang.

Pelayanan di Cafe 1912 ini sangat ramah. Pengunjung juga bisa bertanya soal ingredients menu bila takut alergi atau kurang suka. Cara pembayaran di cafe ini sudah modern, bisa cash atau non cash via QRIS, debit, dan lain sebagainya. Praktis.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN