Mohon tunggu...
Lanjar Wahyudi
Lanjar Wahyudi Mohon Tunggu... Human Resources - Pemerhati SDM

Menulis itu mengalirkan gagasan untuk berbagi, itu saja. Email: lanjar.w77@gmail.com 081328214756

Selanjutnya

Tutup

Worklife

Menginspirasi Tanggung Jawab Pribadi

31 Maret 2020   22:49 Diperbarui: 1 April 2020   07:08 61
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
(sumber: pixabay.com)

Salam sehat, jangan mikirin corona al Covid-19 terus, mari fokus pada hal-hal positif yang membuat pikiran dan tubuh kita semakin sehat. Ijinkan saya berbagi satu bagian menarik yang berbicara bahwa setiap orang bertanggung jawab atas dirinya sendiri, diambil dari sebuah buku pengembangan diri berjudul "Change is Good, You Go First", semoga menginspirasi.

"Saya selalu takjub kenapa seseorang tidak melakukan apa-apa terkait suatu hal. Lalu saya menyadari, saya juga seseorang." -- Lily Tomlin

Sesuatu yang ajaib terjadi saat kita menerima tanggung jawab pribadi atas perilaku kita dan hasilnya.  Tapi hal tersebut tidak mudah, karena sifat alami manusia untuk "melemparkan tanggung jawab". Saya (Mac) sadar saat beberapa kali mengalami kesulitan bisnis, saya menyalahkan orang lain, ekonomi, menyalahkan ini dan itu! 

Tetapi seiring saya semakin dewasa (dan sedikit lebih bijaksana) ketika ada yang salah dalam bisnis dan hidup saya, pelakunya selalu ditemukan..di dalam cermin.  Di setiap kasus, setiap pilihan yang saya ambil mengantarkan saya ke situasi saat ini. Bisa saya bilang, satu "cubitan" dalam sikap saya mungkin terdengar sepele, tapi membuat perbedaan besar dalam hidup saya.

Apa hubungannya dengan perubahan? Banyak! Sebagai manajer, salah satu hal terpenting yang bisa anda lakukan  pada masa-masa perubahan adalah mengajak orang-orang anda memahami bagaimana mereka mengemban tanggung jawab pribadi, mengubah masalah menjadi kesempatan, tidak hanya membantu perusahaan, tapi juga membantu diri mereka sendiri sebagai individu. Dengan kata lain, juallah ide..apa untungnya untuk mereka?

Penulis, B.J. Gallagher dan Steve Ventura, menulis sebuah buku kecil yang hebat tentang meraih kesuksesan melalui tanggung jawab pribadi yang berjudul: Who Are "They" Anyway?  Saya menyukai daftar mereka yang menunjukkan bahwa setiap individu di perusahaan bisa bermanfaat dengan mengadopsi "sikap pribadi yang bertanggung jawab":

  1. Anda mempunyai kendali lebih pada nasib anda.
  2. Anda menjadi kontributor aktif, bukan sekadar pengamat pasif.
  3. Orang lain mencari anda karena kepemimpinan anda.
  4. Anda memperoleh reputasi sebagai pemecah masalah.
  5. Anda meningkatkan peluang karier anda.
  6. Anda mendapatkan kepuasan karena menyelesaikan sebuah pekerjaan -- kekuatan tindakan positif.
  7. Kemarahan, frustasi dan tak berdaya semakin sedikit anda alami, semuanya mengarah ke kesehatan yang lebih baik.
  8. Anda menyadari luapan energi positif mempengaruhi kehidupan pribadi anda di rumah.

Berdasarkan Gallagher dan Ventura, kata-kata paling penting dari tanggung jawab pribadi adalah sebagai berikut:

10 Kata Paling Penting    : Saya tidak akan menunggu orang lain untuk mengambil langkah pertama.

9 Kata Paling Penting      : Jika memang akan terjadi, semua itu terserah diri saya.

8 Kata Paling Penting      : Jika bukan saya, siapa? Jika tidak sekarang, kapan?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun