Mohon tunggu...
Arfiani Yulianti Fiyul
Arfiani Yulianti Fiyul Mohon Tunggu... Dosen - Dosen Indonesia

Tingkatkan Keterampilan Menulis Belajar Sepanjang Hayat

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Suara Ibu, Kekuatan Politik di Balik Tanggung Jawab Keluarga

23 April 2024   14:19 Diperbarui: 23 April 2024   14:20 59
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Suara Ibu, Kekuatan Politik di Balik Tanggung Jawab Keluarga

Oleh: Arfiani Yulianti Fiyul

Pemilihan umum baru saja dilaksanakan di negara kita, Indonesia. Saya merenung tentang seberapa pentingnya politik bagi para ibu rumah tangga yang sehari-harinya hanya mengurus keluarga.

Terlepas dari rutinitas yang sibuk dan fokus pada tanggung jawab keluarga, politik memainkan peran penting dalam kehidupan kami.

Pertama-tama, keputusan politik memiliki dampak langsung pada kehidupan sehari-hari keluarga kami. Kebijakan terkait pendidikan, kesehatan, dan kesejahteraan ekonomi sangat memengaruhi kesejahteraan keluarga kami.


Dengan terlibat dalam politik, kami memiliki kesempatan untuk mempengaruhi pembuatan kebijakan agar lebih memperhatikan kebutuhan keluarga kami.

Kedua, politik memberi kami platform untuk menyuarakan suara kami tentang isu-isu yang penting bagi kami sebagai ibu rumah tangga.

Dari akses terhadap layanan kesehatan hingga perlindungan lingkungan, kami memiliki perspektif yang unik yang harus didengar dalam pembuatan kebijakan.

Terlibat dalam politik juga membuka peluang untuk memperluas jaringan sosial kami. Melalui pertemuan dengan ibu-ibu lainnya dan partisipasi dalam kegiatan masyarakat, kami dapat bertukar informasi, mendukung satu sama lain, dan memperjuangkan kepentingan bersama.

Walaupun kesibukan mengurus keluarga bisa membuat kami merasa sulit terlibat dalam politik, kami menyadari bahwa suara kami memiliki kekuatan untuk menciptakan perubahan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun