Mohon tunggu...
Lanang Andhika
Lanang Andhika Mohon Tunggu... Freelancer - 201880182

Leadership, Senin dan Kamis 07:30

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Gaya Kepemimpinan Bill Gates Dalam Memimpin Microsoft

8 Juli 2021   08:31 Diperbarui: 8 Juli 2021   09:52 421 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Gaya Kepemimpinan Bill Gates Dalam Memimpin Microsoft
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang gaya kepemimpinan Bill Gates dalam memimpin perusahaan teknologi yang sangat terkenal di dunia yaitu Microsoft. Siapa yang tidak mengenal Bill Gates yang dicap sebagai salah satu orang terkaya di dunia dengan nilai kekayaan sebesar $128,9 Milyar.

Bill Gates adalah seorang pemimpin yang dikenal sering mendengarkan usulan-usulan dari para pegawainya untuk mengembangkan perusahaan yang dipimpinnya. Bill Gates juga memamahi untuk memajukan perusahaan teknologi diperlukan berbagai macam adaptasi yang disebabkan oleh berbagai macam factor perubahan-perubahan diluar sana.

Hal tersebut sesuai dengan teori yang terdapat dalam buku Richard L. Daft. Teori itu menjelaskan tentang 4 karakteristik atau sifat yang dianggap sangat penting bagi sebuat pemimpin, terutama pemimpin sebuah bisnis, yaitu:

  • Vision and dissatisfaction with the present.

Untuk memulai sesuatu yang baru mengharuskan wirausahawan tidak puas dengan keadaan sekarang dan memiliki visi yang jelas tentang bagaimana keadaan seharusnya. Pada tahun 1970an Bill Gates memiliki visi bahwa perangkat lunak dapat menjadi sebuah bisnis yang menghasilkan.

  • Ability to get people on board.

Pemimpin wirausaha harus terus merekrut orang lain untuk bergabung, mendukung, dan menambah visi. Bill Gates mewujudkan visinya untuk berbisnis dalam dunia perangkat lunak yang dikenal luas dan secara aktif terlibat dalam pembuatan perangkat keras seperti IBM untuk mewujudkan visi tersebut.

  • Flexibility, openness to feedback, and ability to learn and adapt.

Tidak ada yang memiliki semua jawaban, dan para pemimpin wirausaha harus mau mendengarkan, belajar, dan beradaptasi. Dengan beigut, pemimpin wirausaha akan lebih banyak memiliki ide-ide atau keputusan-keputusan yang baik guna meningkatkan kualitas usaha mereka.

  • Persistence and execution.

Pemimpin kewirausahaan harus tekun dalam mengejar visi dan mengambil langkah aktif di sini dan sekarang untuk menghidupkan masa depan. Jika satu hal tidak berhasil, mereka mencoba yang lain. Mereka biasanya memiliki motivasi diri yang tinggi dan bersedia untuk meregangkan diri dan mengambil risiko untuk mencapai visi.

Dapat kita simpulkan bahwa dari gaya kepemimpinan Bill Gates, kita perlu mengambil risiko untuk menciptakan solusi baru untuk tantangan kompetitif yang dihadapi bisnis, terutama dengan pengembangan atau peningkatan produk dan layanan. Dan juga sebagai seorang pemimpin kita harus mendengarkan saran-saran atau kritik dari orang lain agar bisnis kita dapat berkembang dengan baik.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x