Mohon tunggu...
Lalu PatriawanAlwih
Lalu PatriawanAlwih Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa - Postgraduate Universitas Mercubuana

Lalu patriawan Alwih - NIM : 55522110029 - Jurusan Magister Akuntansi - Fakultas Ekonomi dan Bisnis - Universitas Mercu Buana - Mata Kuliah Pemeriksaan Pajak - Dosen Pengampu : Prof. Dr. Apollo.M.Si.AK.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Diskursus Serat Tripama untuk Audit Kepatuhan Wajib Pajak Warga Negara

17 April 2024   08:11 Diperbarui: 17 April 2024   08:22 132
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokumen Pribadi Penulis

Pendahuluan

Serat Tripama adalah sebuah karya sastra Jawa berbentuk tembang Dhandanggula yang berjumlah tujuh bait. Disusun oleh KGPAA Mangkunegara IV pada masa Mangkunegaran

Serat Tripama merupakan warisan budaya Jawa Kuno yang memuat ajaran moral dan budi pekerti luhur. Di dalamnya terkandung nilai-nilai kesederhanaan, kejujuran, dan tanggung jawab sosial.

Serat Tripama menggunakan tiga tokoh pewayangan sebagai representasi prajurit ideal, yaitu:

  • Patih Suwanda
  • Raden Kumbakarna
  • Raden Basukarna/Adipati Karna

Patih Suwanda, Raden Kumbakarna, dan Raden Basukarna adalah tiga tokoh pewayangan yang terkenal dengan nilai-nilai luhur dan sifat-sifat kepahlawanan mereka. Ketiganya diceritakan dalam berbagai kisah wayang dan menjadi teladan bagi banyak orang. Berikut adalah penjelasan singkat tentang masing-masing tokoh:

1. Patih Suwenda


Patih Suwanda adalah patih atau penasihat utama raja di kerajaan Astinapura. Ia dikenal dengan kesetiaannya kepada raja, keberaniannya dalam berperang, dan kebijaksanaannya dalam memberikan nasihat. Patih Suwanda selalu mengabdikan diri untuk kepentingan rakyat dan negara. Ia rela berkorban jiwa dan raga demi menjaga perdamaian dan kemakmuran Astinapura.

2. Raden Kumbakarna

Raden Kumbakarna adalah adik dari Prabu Dasamuka, raja raksasa Alengka. Ia digambarkan sebagai raksasa yang berwujud raksasa yang besar dan kuat. Namun, Raden Kumbakarna memiliki hati yang mulia dan selalu menjunjung tinggi kebenaran. Ia setia kepada negaranya meskipun harus berperang melawan Pandawa yang merupakan saudara-saudaranya sendiri.

3. Raden Basukarna

Raden Basukarna, yang juga dikenal sebagai Adipati Karna, adalah putra Kunti dari Pandawa dengan Dewa Surya. Ia dibesarkan oleh keluarga Adipati Surta di Hastinapura. Raden Basukarna adalah ksatria yang gagah berani dan memiliki kesaktian yang luar biasa. Ia selalu menjunjung tinggi dharma atau kebenaran dan selalu berusaha untuk menegakkan keadilan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun