Mohon tunggu...
Alfredo Kway
Alfredo Kway Mohon Tunggu... Berusaha berbuat yang terbaik Untuk Tanahku Papua

Saya hanya mahasiswa Papua yang ingin sukses dan kembali membangun tanah kelahiran, Tanah Papua yang selalu saya rindukan, dan hanya dengan Tulisan saya menyuarakan Kebenaran

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Mencerdaskan Anak Bangsa, Tugas Siapa?

1 Juli 2020   06:45 Diperbarui: 1 Juli 2020   06:49 51 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mencerdaskan Anak Bangsa, Tugas Siapa?
Ilustrasi: Pendidikan Anak Papua (Foto: swa.co.id)

Mencerdaskan kehidupan bangsa adalah modal dasar pembangunan,para pendiri bangsa sudah membuat kata-kata tersebut seperti dalam pembukaan UUD 1945 tentunya sungguh luar biasa, selain itu mencerdaskan kehidupan bangsa juga disampaikan pada Pasal 31 Ayat 3 UUD 1945 yang menyatakan pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem pendidikan nasional, yang meningkatkan keimanan dan ketakwaan serta ahlak mulia dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa.

Lalu kalo begitu Mencerdaskan Anak Bangsa dari Sabang hingga Merauke, dari Pelosok hingga Ujung Kota ini menjadi Tugas Siapa ?... Tentunya bagi saya adalah Tugas semua, tugas bersama sesama anak Bangsa untuk Bersatu dan Bersama memajukan generasi Masa Depan Bangsa.

Fungsi dari pendidkan adalah untuk membina manusia yang berakal, berilmu dan bermoral luhur, selain itu juga bertujuan untuk membawa ke arah masa depan yang lebih baik. Setiap warga negara berhak mendapatkan apa itu Pendidikan. Karena menjadi generasi terdidik juga merupakan keharusan bagi semua warga Negara.

Tugas mencerdaskan Anak Bangsa akan tercapai jika semuanya bergandengan tangan saling mengerti bahwa Pendidikan itu penting, Sumber Daya Manusia itu lebih penting dari segalanya. Jika semua sadar akan pentingnya pendidikan, maka kita akan mampu bersama untuk mencerdaskan bangsa.

Memajukan pembangunan bangsa ini harus dimulai dengan kesadaran akan pentingnya pendidikan yang profesional. Saling menyadari bahwa pentingnya Ilmu Pengetahuan akan membawa dampak positif bagi kemajuan sebuah bangsa dan Negara.

Usaha untuk mencerdaskan bangsa ini tidak akan berhasil kalau semua tidak bersatu dan saling membantu antara satu sama lain, harus ada kesadaran yang tinggi agar yang Terdidik bisa memberikan Ilmu kepada yang belum Terdidik, semua harus  tidak memiliki keikhlasan dan idealisme dalam mengabdi, kita semua mempunyai tanggung jawab untuk mampu mencerdaskan Bangsa.

Dan yang paling penting adalah Tempat, wilayah atau daerah pelosok manapun sebenarnya bukan halangan dalam proses pendidikan. Di manapun tempatnya proses pendidikan harus dilaksanakan dengan berbagai macam cara. Jadi, bukan hanya tugas Guru yang harus mencerdaskan kehidupan bangsa, namun TUGAS KITA SEMUA. (AK)

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x