Mohon tunggu...
Lensa Karana Media
Lensa Karana Media Mohon Tunggu... Penulis - Media komunikasi Pramuka Banyuwangi

Akun official Lensa Karana Media untuk semua informasi tentang Pramuka Banyuwangi dan Nasional serta informasi positif lainnya, info Update liputan kontak 085236662268

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pramuka, Tetap Produktif di Masa Pandemik

1 September 2020   05:15 Diperbarui: 1 September 2020   05:17 337
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokumentawsi Lensa Karana Media

Covid-19 atau yang biasa kita kenal virus Corona sekarang sudah menjadi bagian dari kehidupan bermasyarakat di seluruh dunia. Jumlah orang terjangkit virus Corona setiap hari nya terus bertambah bahkan di Indonesia sendiri udah melebihi 100 ribu orang yang terjangkit virus ini. Hal ini berpengaruh terhadap semua aspek kehidupan seperti pendidikan, ekonomi, transportasi dan lainnya. Kejenuhan pun mulai dirasa oleh masyarakat kita, karena harus berdiam diri dan jarang sekali melakukan kontak lansung dengan sahabat dan saudaranya, bekerja pun tidak dapat se-efektif dulu.

Hal ini juga amat dirasakan oleh anggota gerakan pramuka yang memiliki 10 dharma untuk dilaksanakan dan pembentukan karakter melalui kegiatan kegiatan outdoor (luar ruangan). Yang menjadi pertanyaan sekarang ini, bagaimana Pramuka bisa terus membentuk karakter pemuda pemudi agar semakin produktif dan mengamalkan dasa dharmanya? Karena sekarang melakukan kegiatan Pramuka pun di batasi dan harus sesuai dengan protokol kesehatan, maka setiap kegiatan yang di adakan pasti memiliki batas maksimal peserta.

Anggota Gerakan Pramuka sebenarnya masih bisa dan sanggup untuk mengurangi efek negatif dari corona virus yang melanda dunia saat ini. Semua berawal dari pribadi masing-masing, kita jangan hanya tetap diam dan mengharapkan orang tua yang terus menerus bekerja. Kita harus memproduktifkan diri kita bukan berarti kita harus ikut mencari pekerjaan, tetapi kita ikut membantu dengan cara menutup kekurangan pangan yang ada sekarang ini.

Cara yang paling efektif yaitu dengan menanam sendiri sayur dan buah-buahan yang bisa ditanam. Jika tidak memiliki lahan masih banyak cara untuk menanam misalnya di dalam polibag, jika tidak memiliki dana untuk membeli pupuk, maka bisa membuat sendiri melalui limbah dapur. Sekarang ini teknologi telah berkembang dengan sangat pesat kita bisa mendapatkan banyak informasi dari internet. Maka dari itu marilah kita menggunakan perkembangan teknologi sekarang ini untuk menutupi dampak negatif dari corona virus.


Diatas itu merupakan salah satu cara untuk terus produktif dimasa ppandemi seperti sekarang ini. Tidak hanya itu  cara yang bisa dilakukan, tetapi masih banyak cara misalnya online shop, belajar sesuatu yang baru dan lainnya. Jadi sebagai anggota gerakan pramuka tidak ada alasan untuk tidak produktif. Banyak cara untuk terus produktif asalkan kita mau dan terus mengasah diri. Mengamalkan dasa dharma dengan menjadi pribadi yang produktif bagi keluarga, masyarakat dan bangsa.
Penulis : Angelo Gladicho

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun