Mohon tunggu...
Lensa Karana Media
Lensa Karana Media Mohon Tunggu... Penulis - Media komunikasi Pramuka Banyuwangi

Akun official Lensa Karana Media untuk semua informasi tentang Pramuka Banyuwangi dan Nasional serta informasi positif lainnya, info Update liputan kontak 085236662268

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Pilihan

Kepala Dinas Kehutanan Jawa Timur Lepas Kontingen Saka Wanabakti

16 Oktober 2018   12:00 Diperbarui: 16 Oktober 2018   12:14 492
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

SIDOARJO - Pimpinan Saka Wanabakti Tingkat Daerah Jawa Timur melepas kontingen Saka Wanabakti untuk diberangkatkan ke Yogyakarta dalam rangka Perkemahan Bakti Saka Kalpataru dan Wanabakti (Pertikawan), Senin (15/10/2018).

Upacara pelepasan diadakan di lapangan Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur di jalan Bandara Juanda. Upacara diikuti 120 orang terdiri dari unsur peserta kontingen Jawa Timur, Kepala Perhutani Divisi Regional Jatim, Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA), serta beberapa pengurus Kwarda Jawa Timur.

Putut Adji Suryono, mewakili Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur memberikan pesan, Saka Wanabakti merupakan saka yang bergerak di bidang pendidikan kehutanan dan sudah selayaknya memberi contoh kepada masyarakat dalam  melestarikan alam.

"Saka Wanabakti Jawa Timur memiliki 32 cabang yang aktif dengan jumlah anggota sebanyak 1.350 Orang yang kuat dan terlatih karena didampingi pamong serta instruktur. Perlu perjuangan dan dukungan yang maksimal dari instansi kehutanan, Pamong Saka, Instruktur Saka, Dewan Saka dan Kwartir Cabang," imbuhnya.

Untuk mensukseskan kegiatan Pertikawan, sebelumnya, Saka Wanabakti telah mengadakan training centre (pemusatan latihan) di Bumi Perkemahan Pasar Anyar Alas Purwo pada Sabtu (29/9/2018) sampai Selasa (2/10/2018). Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memilih dan menyeleksi peserta Pertikawan Regional Jawa. Seleksi yang ketat dari 270 orang, peserta yang dinyakatan lulus hanya 120 orang.

"Bagi kontingen saka Wanabakti Jawa Timur, Saya berharap selalu menjaga kekompakan, kebersamaan dan mengutamakan jiwa korsa yang telah ditanamkan pada kegiatan Training Center. Jaga kekuatan kontingen dan tunjukan sikap terbaik di setiap kegiatan dan raihlah prestasi. Semoga kalian menjadi kontingen terbaik serta generasi muda yang menjaga, mencintai alam dan lingkungan," tutup Putut.

Menurut Iwan, Ketua Pimpinan Saka Wanabakti Tingkat Daerah Jawa Timur mengungkapkan, kontingen Jawa Timur dari segi kesiapan sudah bagus sesuai harapan saat training center yang diselenggarakan di Taman Nasional Alas Purwo Banyuwangi.

"Saya akhirnya bisa melihat sendiri hasil training center serta pemantapan kontingen yang diselenggarakan di Kantor Dinas Kehutanan selama dua hari yang lalu. Saya yakin kontingen Saka Wanabakti Jawa Timur bisa menjadi kontingen terbaik. Walaupun mereka berasal dari kabupaten-kabupaten yang ada di Jawa Timur, mereka saling menyatukan jiwa dan raganya untuk Jawa Timur," tambahnya.

Perhutani Divisi Regional Jawa Timur, kata Iwan, sudah menanggung biaya perjalanan, pemberangkatan, serta akomodasi semua personil kontingen Jawa Timur.

"Harapan saya pertama, mereka bisa menjadi kontingen yang terbaik dan bisa mengajarkan semua ilmu yang didapatkan dari beberapa instruktur kepada adik-adiknya nanti. Kedua, semoga adik-adik kontingen Jawa Timur tidak meninggalkan catatan-catatan jelek saat mengikuti Pertikawan Regional Jawa. Tapi insyaAllah, mereka telah diberikan pembinaan serta pembekalan agar mereka memiliki karakter, kesopanan, sifat, tingkah laku, dan lain sebagainya," pungkas Iwan.

Saradila, Kontingen Saka Wanabakti Jawa Timur asal pangkalan KPH Banyuwangi Utara mengatakan, sangat bahagia bisa dilepas langsung di Kantor Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun